Wednesday, January 23, 2013

Shalat Taubat dan Doa-doanya (2)

Shalat Taubat

Berhubung ada kawan yang menanyakan mengenai Shalat Taubat secara rinci, berikut kami tambahkan dari artikel  : Shalat Taubat, Istighfar, dan Doa-doa

Bapak KH. Drs. Achmad Baekandi pernah saya tanyakan mengenai Shalat Taubat menganjurkan agar pada rakaat pertama membaca QS. Al Kaafiruun [109], lalu di rakaat kedua membaca QS. Al Ikhlash [112].

Mengenai waktu Shalat Taubat adalah kapan saja, kecuali pada waktu-waktu yang diharamkan untuk shalat. Mengenai jumlah rakaatnya adalah 2, 4 dan 6 rakaat dengan salam tiap dua rakaat.


Waktu-waktu yang haram untuk shalat :

“Tegakkanlah shalat shubuh kemudian berhentilah mengerjakan shalat, hingga matahari terbit dan agak meninggi, karena terbitnya matahari pada waktu itu di antara dua tanduk setan, dan ketika itu [sebagian] orang-orang kafir [penyembah matahari] sujud kepada matahari, kemudian setelah itu kerjakankah sholat, karena sesungguhnya sholat pada waktu itu disaksikan dan dihadiri [oleh malaikat], hingga hilangnya bayang-bayang pada sebuah tombak, kemudian tahanlah diri dari mengerjakan sholat, karena saat itu neraka jahannam sedang dibakar, kemudian jika telah muncul bayang-bayang maka kerjakanlah sholat [sunnah] karena sesungguhnya sholat pada waktu itu disaksikan dan dihadiri [oleh malaikat], hingga engkau mengerjakan sholat ashar, kemudian berhentilah mengerjakan sholat sampai matahari benar-benar tenggelam, karena waktu itu tenggelamnya matahari diantara dua tanduk setan, dan pada saat itu orang-orang kafir [penyembah matahari] bersujud menyembah matahari. (Shahih, HR. Muslim)

Kesimpulan waktu-waktu yang haram untuk shalat adalah sbb. :
1. Pk. 06.00 - 07.00 WIB
2. Pk.11.30 - 12.00 WIB (Zhuhur)
3. Pk.17.30 - 18.00 WIB (Maghrib)

Berikut tatacara Shalat Taubat secara ringkas :


2. Membaca niat Shalat Taubat :
"Ushollii sunnatat-taubati rok'ataini lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar."

Artinya :
Aku berniat shalat taubat dua raka'at karena Allah Ta'ala. Allaahu akbar.

3. Lakukan shalat seperti biasa, dengan penuh khusyu dan mata tetap terbuka. Pada rakaat pertama membaca QS. Al Kaafiruun [109] dan pada rakaat kedua membaca QS. Al Ikhlash [112].

4. Banyaklah berdoa mohon ampunan Allah saat bersujud.

Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah do’a ketika itu.” (HR. Muslim no. 482, dari Abu Hurairah)

5. Salam.

Doa setelah Shalat Taubat :

Perbanyak Zikir : "Subhanallah wa bihamdih"

Rasulullah Sallallaahu 'Alaihi Wasallam  bersabda : “Barangsiapa mengucapkan 'subhanallah wabihamdih' seratus kali dalam sehari, ia akan diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut.” (HR. Muslim dan At-Tirmidzi)
"Subhanallah wa biham dih"

Artinya :
Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya
Dosa sebanyak buih di laut bisa diartikan sebagai dosa-dosa kecil yang sangat banyak. Namun dosa-dosa besar tetap ada, dan dosa-dosa besar itu hanya dapat dihapuskan dengan Taubatan Nasuha.

Perbanyak Istighfar :
"Astaghfirullaahal 'azhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih, (taubatan nasuuha), taubata 'abdin zhoolimin laa yamliku linafsihi dhorron wa laa naf'aa wa laa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuuro."

Artinya :
Aku memohon ampun kepada AllahYang Maha Agung, aku mengaku bahwa tiada Tuhan selain Allah, Tuhan yang hidup terus selalu terjaga. Aku memohon taubat kepada-Nya, (taubat yang sesungguhnya), taubat seorang hamba yang banyak berdosa, yang tidak mempunyai daya untuk berbuat mudhorot atau manfaat, untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti. 


"Robbanaa atmim lanaa nuurona waghfirlanaa, innaka 'alaa kulli syai-in qodiir". QS. At-Tahrim [66] : 8

Artinya :

Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Keterangan :
Setiap kali seorang hamba melakukan perbuatan dosa, Allah memberikan tanda noda hitam pada hatinya. Semakin banyak dia mengulangi perbuatan dosanya, maka akan semakin banyak noda hitam (penyakit hati) tersebut. Jika noda tersebut sudah menutupi hatinya maka cahaya Allah; berupa petunjuk, hidayah, dsb. akan sulit masuk ke dalam hati yang sudah tertutup noda tersebut.

Maka seorang hamba yang bertaubat, hendaknya berdoa agar diberikan cahaya bagi hatinya, lalu tidak mengulangi perbuatan dosanya lagi karena arti Taubat adalah; sadar, memohon ampunan Allah dan bertekad tidak mengulangi perbuatan dosanyanya (serta mengembalikan hak orang lain yang sekiranya dia ambil). Berikut sumbernya :


QS. Ali 'Imran [3] : 135
waalladziina idzaa fa 'aluu faahisyatan aw zholamuu anfusahum dzakaruullaaha fastaghfaruu lidzunuubihim wamay-yaghfirudz-dzunuuba illaallaahu walam yushirruu 'alaa maa fa 'aluu wahum ya'lamuun

[3:135] Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

Apa ganjaran orang yang bertaubat ?


QS. Ali 'Imran [3] : 136
ulaa-ika jazaa-uhum maghfiratum-mir-rabbihim wajannaatun tajrii min tahtihaal-anhaaru khoolidiina fiihaa, wani'ma ajrul 'aamiliin.

[3:136] Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.

Jadi ganjaran Allah bagi orang yang bertaubat adalah :

1. Ampunan Allah,
2. Surga (bisa diartikan surga di dunia dan di akherat, diselesaikan segala masalahnya),
3. Kekal di dalam surga,
4. Pahala yang terbaik (menambah timbangan kebaikan).

Perbanyak Membaca Induk Istighfar :



"Allaahumma anta Robbi laa ilaaha illa anta, kholaqtani wa anaa 'abduka, wa anaa 'alaa 'ahdika, wa wa'dika masta-tho'tu, a'uudzubika min syarri maa shona'tu abuu-ulaka bini'matika 'alayya wa abuu-u bi dzambi faghfirlii fa innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta."



Artinya :

Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.


Barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) disiang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk syurga dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum shubuh maka dia termasuk penduduk syurga.” (HR. Al-Bukhari – Fathul Baari 11/97)

Wallahu a'lam bish-showwab


315 comments:

  1. 1. Pk. 06.00 - 07.00
    2. Pk.11.30 - 12.00 (Zhuhur)
    3. Pk.17.30 - 18.00 (Maghrib)
    maksudnya yang di haramkan dari wkt2 ini apa ?
    bukanya wkt2 ini memang mendekati wkt'a slt tsb ?
    jam 7 kita bisa slt duha...
    tlg ksh penjelasa knp wkt 2 itu di haramkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. “Tegakkanlah shalat shubuh kemudian berhentilah mengerjakan shalat, hingga matahari terbit dan agak meninggi, karena terbitnya matahari pada waktu itu di antara dua tanduk setan, dan ketika itu [sebagian] orang-orang kafir [penyembah matahari] sujud kepada matahari, kemudian setelah itu kerjakankah sholat, karena sesungguhnya sholat pada waktu itu disaksikan dan dihadiri [oleh malaikat], hingga hilangnya bayang-bayang pada sebuah tombak, kemudian tahanlah diri dari mengerjakan sholat, karena saat itu neraka jahannam sedang dibakar, kemudian jika telah muncul bayang-bayang maka kerjakanlah sholat [sunnah] karena sesungguhnya sholat pada waktu itu disaksikan dan dihadiri [oleh malaikat], hingga engkau mengerjakan sholat ashar, kemudian berhentilah mengerjakan sholat sampai matahari benar-benar tenggelam, karena waktu itu tenggelamnya matahari diantara dua tanduk setan, dan pada saat itu orang-orang kafir [penyembah matahari] bersujud menyembah matahari. (Shahih, HR. Muslim)

      Delete
    2. Assalamualaikum.

      Anda itu disuruh menerangkan, bukan menulis ulang hadist. Karena yang mengatakan JAM itu pemikiran sederhana anda loh, bukan hadist. Jadi knp anda hanya menulis HADIST sebagai jawaban??

      Anda sadar tulisan blog anda menyesatkan?? Anda hanya berani menulis blog berdasarkan ini dan itu tapi jika ditanya bersembunyi dibelakang Hadist.

      Mau tahu kenapa saya bilang anda menyesatkan?
      JAWA TIMUR Khususnya KOTA MALANG Adzan Maghrib nya jam 17.30. Nah apakah kami penyembah matahari??apakah anda akan merespon kekecewaan saya ini dengan hadist saja atau anda mengakui dengan tulus bahwa KESIMPULAN WAKTU YANG ANDA TULIS tidak berdasarkan ilmu. Anda tahu tidak di dikota2 lain selain tempat anda sekarang jam2 sholatnya???


      "...hingga engkau mengerjakan sholat ashar, kemudian berhentilah mengerjakan sholat sampai matahari benar-benar tenggelam, karena waktu itu tenggelamnya matahari diantara dua tanduk setan, dan pada saat itu orang-orang kafir [penyembah matahari] bersujud menyembah mataharI..."

      JAM 17.30 - 18.00 anda simpulkan darimana???anda tinggal dimana? DKI JAKARTA atau sekitarnya atau dimana?

      Apakah anda tahu waktu sholat di Jawa Timur khususnya Kota Malang?

      APAKAH ANDA TAHU ADZAN ZUHUR DI KOTA MALANG SEPANJANG TAHUN BERKISAR ANTARA JAM 11.25-11.45 WIB. DAN WAKTU MAGHRIB SEPANJANG TAHUN BERKISAR ANTARA 17.25-17-45.

      JADI MENURUT HADIST DIATAS KAMI BUKAN PENYEMBAH SETAN TAPI MENURUT KESIMPULAN ANDA KAMI ADALAH PENYEMBAH SETAN. INI BEDA LOH YA.. HADIST DIATAS TIDAK MENGATAKAN KAMI KAFIR KARENA HADIST DIATAS TIDAK MENCANTUMKAN JAM YANG DIHARAMKAN UNTUK SHOLAT. YANG MENCANTUMKAN JAM ITU ADALAH PIKIRAN SEDERHANA ANDA.


      Kesimpulan yang anda tulis masalah JAM diblog diatas melanggar 2 hal.
      1. SEMBARANGAN MENYIMPULKAN HADIST TANPA MENGGUNAKAN ILMU. Dan untuk hal ini tulisan anda diatas layak dikatakan menyesatkan,sebagus apapun informasinya dan se-shahih apapun hadist yang anda nukil, menjadi percuma karena anda menulis tanpa menggunakan ilmu.

      2. Anda melanggar Hukum Alam. Karena sepanjang tahun, matahari terbit dan tenggelam tidak selalu sama waktunya. begitu jg arah matahari terbit dan terbenam tidak pernah persis ditempat yang sama sepanjang tahun.
      ANDA SUDAH TAHU KAN PENGARUH MATAHARI DENGAN WAKTU SHOLAT?? SAYA HARAP ANDA MENGETAHUINYA.



      SEHARUSNYA DAN MENGIKUTI YANG TELAH LAZIM, ANDA SEBAIKNYA MENULIS "DIHARAMKAN SHOLAT SETELAH WAKTU ASHAR HINGGA MATAHARI TERBENAM". dan setahu saya, baru anda yang berani menulis waktu haram sore hari LENGKAP DENGAN JAM nya sementara tidak ada seorangpun yang berani melakukan hal itu termasuk AHLI TAFSIR yang berilmu daripada anda.

      Saya terus terang kecewa dengan anda. Revisi tulisan anda diatas sebelum anda menanggung dosa dunia dan diakhirat orang-orang yang WAKTU SHOLATNYA ANDA SAMAKAN DENGAN PENYEMBAH SETAN tetapi anda disuruh menerangkan tidak sanggup.

      Mumpung Tulisan diatas menyinggung masalah taubat, Bertobatlah sodara.

      SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN HIDAYAH KEPADA SODARA AGAR ANDA MAU BELAJAR DAHULU SEBELUM ANDA MENYIMPULKAN SESUATU. KARENA SESUATU YANG DIKATAKAN TANPA MENGGUNAKAN ILMU, MAKA ITU ADALAH KEBODOHAN.

      TOLONG JANGAN PERNAH MENYIMPULKAN SUATU HADIST TANPA ILMU.

      Akhir kata, jika anda 'hanya' menjawab dengan hadist, saya harap anda tidak usah repot2 mereply comment ini. Dan saya sangat mendesak anda merevisi tulisan anda masalah JAM YANG DIHARAMKAN diatas. karena jelas sekali anda mempertontonkan kebodohan anda sendiri apalagi jika blog ini bertujuan syiar.

      Assalamualaikum

      Delete
    3. Wa'alaikum,

      "Mau tahu kenapa saya bilang anda menyesatkan?
      JAWA TIMUR Khususnya KOTA MALANG Adzan Maghrib nya jam 17.30. Nah apakah kami penyembah matahari??apakah anda akan merespon kekecewaan saya ini dengan hadist saja atau anda mengakui dengan tulus bahwa KESIMPULAN WAKTU YANG ANDA TULIS tidak berdasarkan ilmu. Anda tahu tidak di dikota2 lain selain tempat anda sekarang jam2 sholatnya???"

      Mohon maaf mas Anugerah, di waktu tsb saya sebutkan dalam WIB, jadi memang mohon maaf, bukan untuk kota Malang yang menggunakan WIT..

      "JAM 17.30 - 18.00 anda simpulkan darimana???anda tinggal dimana? DKI JAKARTA atau sekitarnya atau dimana?"

      Iya mas, saya tinggal di Jakarta..

      "JADI MENURUT HADIST DIATAS KAMI BUKAN PENYEMBAH SETAN TAPI MENURUT KESIMPULAN ANDA KAMI ADALAH PENYEMBAH SETAN. INI BEDA LOH YA.. HADIST DIATAS TIDAK MENGATAKAN KAMI KAFIR KARENA HADIST DIATAS TIDAK MENCANTUMKAN JAM YANG DIHARAMKAN UNTUK SHOLAT. YANG MENCANTUMKAN JAM ITU ADALAH PIKIRAN SEDERHANA ANDA."

      Astaghfirulaahal'adzhiim.. Saya tidak pernah menyimpulkan anda penyembah setan mas, jangan membolik-balik kata ah, anda sendiri yang bicara begitu kok dibilang saya yang bilang sih mas.?

      "1. SEMBARANGAN MENYIMPULKAN HADIST TANPA MENGGUNAKAN ILMU. Dan untuk hal ini tulisan anda diatas layak dikatakan menyesatkan,sebagus apapun informasinya dan se-shahih apapun hadist yang anda nukil, menjadi percuma karena anda menulis tanpa menggunakan ilmu."

      Hmm, silahkan mas buka juga http://www.sholat-dhuha.info/2011/03/sebelum-melaksanakan-sholat-dhuha-ada.html#.UkAW5NKl5_B

      Saya rasa tujuan kami sama, yaitu membantu teman-teman yang ingin sholat Dhuha untuk mendapatkan waktu yang tepat sehingga mendapatkan hasil yang maksimal sesuai tujuannya.. Kalau di Jakarta terbit matahari sekitar pk.06.00 WIB setiap harinya.. Ditunda 1 jam untuk sholat Dhuha hingga pk.07.00 wb saya rasa ngga ada masalah.. Silahkan disesuaikan dengan kondisi di daerahnya masing-masing aja mas..

      Delete
    4. "SEHARUSNYA DAN MENGIKUTI YANG TELAH LAZIM, ANDA SEBAIKNYA MENULIS "DIHARAMKAN SHOLAT SETELAH WAKTU ASHAR HINGGA MATAHARI TERBENAM". dan setahu saya, baru anda yang berani menulis waktu haram sore hari LENGKAP DENGAN JAM nya sementara tidak ada seorangpun yang berani melakukan hal itu termasuk AHLI TAFSIR yang berilmu daripada anda."

      Di Jakarta waktu Ashar hingga Maghrib itu sekitar pk.15.15 - 18.00 WIB mas.. Kalau sholat Asharnya pk.17.45 WIB (15 menit sebelum adzan Maghrib) tanpa udzur syar'i (alasan yg dibenarkan menurut agama Islam) dan dilakukan terus-menerus, ya menurut saya jadi haram sholatnya mas.. Justru dengan tidak adanya ahli tafsir yang menyebutkan jam, maka berdasarkan jawaban beberapa guru saya, ya jawabannya jam-jam yang di atas.. Intinya saya ingin membantu dan memudahkan teman-teman yang ingin bertobat dan menunaikan sholat, sambil mengedepankan prinsip "Kehati-hatian dalam beribadah".. Supaya tidak tergelincir menjadi dosa padahal niat utama sholat adalah menunaikan kewajiban sehingga mendapat ridho Allah.. Jadi mungkin bisa disimpulkan menjadi : Sebaiknya "Tidak Sholat" ; (1.) 1 jam setelah matahari terbit, (2.) 30 menit sebelum adzan Zhuhur, (3.) 30 menit sebelum adzan Maghrib.. Tinggal jam berapanya disesuaikan dengan daerahnya masing-masing.. Dengan intelektualitas yang mas Anugerah miliki, saya yakin bisa dimengerti.. Saya berharap dengan kawan-kawan lain yang mengunjungi blog ini juga begitu.. Amiin ya Allah..

      "Saya terus terang kecewa dengan anda. Revisi tulisan anda diatas sebelum anda menanggung dosa dunia dan diakhirat orang-orang yang WAKTU SHOLATNYA ANDA SAMAKAN DENGAN PENYEMBAH SETAN tetapi anda disuruh menerangkan tidak sanggup."

      Menanggung dosa orang yah? Hmm, setau saya dalam agama Islam tidak ada dosa yang ditanggung oleh orang lain selain oleh orang yg mengerjakan dosa itu sendiri.. Mas Anugerah non-Muslim yah?

      "Mumpung Tulisan diatas menyinggung masalah taubat, Bertobatlah sodara."

      Terimakasih anjurannya mas.. Insya Allah setiap saat selalu saya usahakan bertaubat kepada Allah Ta'ala..

      "SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN HIDAYAH KEPADA SODARA AGAR ANDA MAU BELAJAR DAHULU SEBELUM ANDA MENYIMPULKAN SESUATU. KARENA SESUATU YANG DIKATAKAN TANPA MENGGUNAKAN ILMU, MAKA ITU ADALAH KEBODOHAN."

      Saya juga mendoakan semoga mas Anugerah Herlambang mendapatkan hidayah dari Allah SWT.. Aamiin yaa Robbal'aalamiin..

      "TOLONG JANGAN PERNAH MENYIMPULKAN SUATU HADIST TANPA ILMU."

      Banyak terimakasih sarannya mas, insya Allah akan saya lakukan..

      "Akhir kata, jika anda 'hanya' menjawab dengan hadist, saya harap anda tidak usah repot2 mereply comment ini. Dan saya sangat mendesak anda merevisi tulisan anda masalah JAM YANG DIHARAMKAN diatas. karena jelas sekali anda mempertontonkan kebodohan anda sendiri apalagi jika blog ini bertujuan syiar."

      Saya pikir tiada yang perlu direvisi mas, ini blog pribadi saya.. Jadi apa yg dituliskan disini adalah pendapat saya pribadi dan saya mengakui bahwa saya memang hanyalah makhluk Allah yg bodoh, tiada berdaya apa-apa, dan saya memang masih harus terus belajar..

      "Assalamualaikum"

      Jadi makin yakin nih kalu mas Anugerah Herlambang seorang non-Muslim.. Harusnya; "Wassalaamu'alaikum" kali mas..

      Delete
    5. Assalamualaikum, semua..

      Iya..ya... seharusnya kalu beda pendapat gk usah mencaci maki orang seperti itu dong...

      Apalagi membodoh-bodohkan sesama muslim, kalau pun punya pendapat berbeda ya disampaikan baik-baik aja...
      Lagian juga dalam blog ini sudah jelas menampilkan waktu setempat yaitu "WIB".

      Mohon maaf jadi ikut campur...

      Sukron atas postingnya...
      Wasalam....

      Delete
    6. Gus dur bilang Gitu aja kok repot, maksud intinya jangan shalat di waktu
      1. Pk. 06.00 - 07.00
      2. Pk.11.30 - 12.00 (Zhuhur)
      3. Pk.17.30 - 18.00 (Maghrib)
      itu untuk shalat sunnah bukan shalat wajib.....
      dalam tafsir atau pemahaman Al Quran dan Al Hadist diperlukan berbagai ilmu, khususnya Ushul Fiqh...jadi gak perlu diperdebatkan..kita sesama muslim.....

      Nabi Muhammad SAW berwasiat :
      “Aku akan menjamin sebuah rumah di dasar surga bagi orang yang meninggalkan debat meskipun dia berada dalam pihak yang benar. Dan aku menjamin sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meskipun dalam keadaan bercanda. Dan aku akan menjamin sebuah rumah di bagian teratas surga bagi orang yang membaguskan akhlaknya.”
      (HR. Abu Dawud dalam Kitab al-Adab, hadits no 4167. Dihasankan oleh al-Albani dalam as-Shahihah [273] as-Syamilah)

      Abud Darda ra
      “Engkau tidak menjadi alim sehingga engkau belajar, dan engkau tidak disebut mengerti ilmu sampai engkau mengamalkannya. Cukuplah dosamu bila kamu selalu mendebat, dan cukuplah dosamu bila kamu selalu menentang. Cukuplah dustamu bila kamu selalu berbicara bukan dalam dzikir tentang Allah.”
      [Darimi: 299]

      jadi mau thobat tidak usah debat saudaraku muslimin

      Delete
    7. aslm'alaikum.
      sebelumnya maaf , sebaiknya ketentuan waktu
      1. Pk. 06.00 - 07.00
      2. Pk.11.30 - 12.00 (Zhuhur)
      3. Pk.17.30 - 18.00 (Maghrib)

      di hapus, soalnya setiap daerah beda''. saya di cilcap, satuan wkt masih menggunakan WIB, wkt shalt dhur dsni 11.37 WIB. mohon blog ini di revisi kembali, karena bisa menyebabkan kesalah pahaman. syukron .

      Delete
    8. Assalamu'alaikum.

      Terus terang saya tertarik sekali untuk berkunjung ke blog yang di buat ini. Kenapa saya tertarik, satu saya memang sedang mencari tatacara untuk sholat taubat, dan kedua saya tertarik karena melihat komentar-komentar yang ada di blogger ini. Baik itu yang "Negative ataupun Positive COMMENT".

      untuk mas "Anugerah Herlambang" saya mengingatkan kembali pada anda, bahwa si pemilik blogger ini hanya menyampaikan NIAT BAIK, untuk mengingatkan kita semua akan dosa2 kita terutama DOSA BESAR agar bertaubat dengan sungguh2.
      Anda sendiri merasa hebat dengan kemampuan INTELEKTUAL ANDA dalam memahami dan mengamalkan ajaran Agama Islam..? Sehingga anda mampu untuk BERKOMENTAR seperti itu..?


      Anda bisa mengambil hikmah sedikit saja tidak sih walau hanya sebesar biji zarah saja, dari yang sudah di jelaskan pada blog "10dosabesar.blogspot.com"..

      "Kalau anda tidak bisa mengambil hikmah atas apa yang disampaikan oleh si pemilik blogger ini. SUNGGUH ANDA MERUPAKAN ORANG-ORANG YANG MERUGI".


      Tidak perlu lah berpanjang lebar dalam berkomentar disini jika ANDA HANYA MENIMBULKAN HAL NEGATIVE, karena saya yakin sesungguhnya pemilik blogger ini BERNIAT BAIK. Kalau anda ingin berkoment seperti itu MOHON di PIKIRKAN kembali dengan BIJAK, apa anda tidak pernah melakukan dosa-dosa salah satunya DOSA BESAR..?


      Di baca kembali keterangan yang sudah di sampaikan pada blog ini oleh si Admin, disini diterangkan :

      "Kesimpulan waktu-waktu yang haram untuk shalat adalah sbb. :
      1. Pk. 06.00 - 07.00 WIB
      2. Pk.11.30 - 12.00 WIB (Zhuhur)
      3. Pk.17.30 - 18.00 WIB (Maghrib)"

      baca teliti simak dengan seksama. waktu yang di pergunakan oleh si Admin adalah WIB wahai saudara "Anugerah Herlambang", buka WITA bag. tengah Indonesia. BACA DENGAN TELITI, PAHAMI, RESAPI maksud yang di sampaikan. Kalau si Admin tidak memberikan keterangan jam untuk Wilayah Anda, yang wong tinggal DISESUAIKAN saja bung "Anugerah Herlambang" dengan posisi dimana anda berada. Gitu saja kok di permasalahkan sehingga anda seperti orang KESETANAN dalam ber-KOMENTAR DI BLOG INI..?


      Bung "Anugerah Herlambang".. si Admin disini hanya ingin memberikan sedikit ilmu nya kepada kita termasuk Anda, jadi jangan anda memaki si Admin di tempat ini ya.!! Harus nya anda bersyukur dan berterima kasih karena masih ada orang seperti beliau yang mau memposting hal bermanfaat seperti ini. Daripada BANYAK yang MEMPOSTING berbau PORNOGRAFI. Atau anda lebih senang dengan mereka yang memposting hal-hal yang berbau PORNOGRAFI..???!!!!!
      SADAR bung "Anugerah Herlambang", Istighfar dan MOHON MAAF kepada si pemilik blog (Admin). Agar anda tidak termasuk orang-orang yang di-LAKNAT oleh Allah Azza Wa Jalla.


      Jika memang si Admin tersebut terdapat beberapa kesalahan, yaa mohon di betulkan donk Bung "Anugerah Herlambang" jika memang anda tahu hukumnya yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Haddist. Karena kita disini berbicara tentang Agama, JANGAN BERMAIN - MAIN ANDA BUNG.

      Atau mungkin anda seorang Hafidz Quran dan Hafal lebih dari Seribu Hadits-hadits shahih beserta artinya..? Tolong anda LENGKAPI dan KOREKSI kesalahan Admin disini saja kalau begitu tidak usah anda bersikap dengan KOMENTAR seperti itu.


      CAMKAN ITU BAIK-BAIK BUNG "ANUGERAH HERLAMBANG".!!!!!



      **Untuk sang pemilik blog ini (Admin), teruskan lah niat baik anda untuk membagi sedikit ilmu anda kepada kami semua, karena jika ilmu itu di amalkan maka anda akan menuai benihnya kelak di Yaumul Mahsyar nanti, Insya Allah.. Aamiin Allahumma Aamiin..

      Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

      Delete
    9. Assalamu'alaikum.

      Terus terang saya tertarik sekali untuk berkunjung ke blog yang di buat ini. Kenapa saya tertarik, satu saya memang sedang mencari tatacara untuk sholat taubat, dan kedua saya tertarik karena melihat komentar-komentar yang ada di blogger ini. Baik itu yang "Negative ataupun Positive COMMENT".

      untuk mas "Anugerah Herlambang" saya mengingatkan kembali pada anda, bahwa si pemilik blogger ini hanya menyampaikan NIAT BAIK, untuk mengingatkan kita semua akan dosa2 kita terutama DOSA BESAR agar bertaubat dengan sungguh2.
      Anda sendiri merasa hebat dengan kemampuan INTELEKTUAL ANDA dalam memahami dan mengamalkan ajaran Agama Islam..? Sehingga anda mampu untuk BERKOMENTAR seperti itu..?


      Anda bisa mengambil hikmah sedikit saja tidak sih walau hanya sebesar biji zarah saja, dari yang sudah di jelaskan pada blog "10dosabesar.blogspot.com"..

      "Kalau anda tidak bisa mengambil hikmah atas apa yang disampaikan oleh si pemilik blogger ini. SUNGGUH ANDA MERUPAKAN ORANG-ORANG YANG MERUGI".


      Tidak perlu lah berpanjang lebar dalam berkomentar disini jika ANDA HANYA MENIMBULKAN HAL NEGATIVE, karena saya yakin sesungguhnya pemilik blogger ini BERNIAT BAIK. Kalau anda ingin berkoment seperti itu MOHON di PIKIRKAN kembali dengan BIJAK, apa anda tidak pernah melakukan dosa-dosa salah satunya DOSA BESAR..?


      Di baca kembali keterangan yang sudah di sampaikan pada blog ini oleh si Admin, disini diterangkan :

      "Kesimpulan waktu-waktu yang haram untuk shalat adalah sbb. :
      1. Pk. 06.00 - 07.00 WIB
      2. Pk.11.30 - 12.00 WIB (Zhuhur)
      3. Pk.17.30 - 18.00 WIB (Maghrib)"

      baca teliti simak dengan seksama. waktu yang di pergunakan oleh si Admin adalah WIB wahai saudara "Anugerah Herlambang", buka WITA bag. tengah Indonesia. BACA DENGAN TELITI, PAHAMI, RESAPI maksud yang di sampaikan. Kalau si Admin tidak memberikan keterangan jam untuk Wilayah Anda, yang wong tinggal DISESUAIKAN saja bung "Anugerah Herlambang" dengan posisi dimana anda berada. Gitu saja kok di permasalahkan sehingga anda bagaikan seperti orang KESETANAN dalam ber-KOMENTAR DI BLOG INI..?


      Bung "Anugerah Herlambang".. si Admin disini hanya ingin memberikan sedikit ilmu nya kepada kita termasuk Anda, jadi jangan anda memaki si Admin di tempat ini ya.!! Harus nya anda bersyukur dan berterima kasih karena masih ada orang seperti beliau yang mau memposting hal bermanfaat seperti ini. Daripada BANYAK yang MEMPOSTING berbau PORNOGRAFI. Atau anda lebih senang dengan mereka yang memposting hal-hal yang berbau PORNOGRAFI..???!!!!!
      SADAR bung "Anugerah Herlambang", Istighfar dan MOHON MAAF kepada si pemilik blog (Admin). Agar anda tidak termasuk orang-orang yang di-LAKNAT oleh Allah Azza Wa Jalla.


      Jika memang si Admin tersebut terdapat beberapa kesalahan, yaa mohon di betulkan donk Bung "Anugerah Herlambang" jika memang anda tahu hukumnya yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Haddist. Karena kita disini berbicara tentang Agama, JANGAN BERMAIN - MAIN ANDA BUNG.

      Atau mungkin anda seorang Hafidz Quran dan Hafal lebih dari Seribu Hadits-hadits shahih beserta artinya..? Tolong anda LENGKAPI dan KOREKSI kesalahan Admin disini saja kalau begitu tidak usah anda bersikap dengan KOMENTAR seperti itu.


      CAMKAN ITU BAIK-BAIK BUNG "ANUGERAH HERLAMBANG".!!!!!



      **Untuk sang pemilik blog ini (Admin), teruskan lah niat baik anda untuk membagi sedikit ilmu anda kepada kami semua, karena jika ilmu itu di amalkan maka anda akan menuai benihnya kelak di Yaumul Mahsyar nanti, Insya Allah.. Aamiin Allahumma Aamiin..

      Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

      Delete
    10. Kalau hanya 30 minit sehingga sampai 10 or 5 minit hingga Maghrib, nak dirikan solat Asar tak? kerana, solat Asar itu AMAT penting. Kalau tinggalkan, macam amalan kami satu hari akan dihapus kerana dosa kerana tinggalkan solat Asar, kan? kalau kita ada kerja, sini sana, atau ada hal, tanpa perasan, hanya tinggal 20 minit or 10 minit lagi... dan tinggalkan solat itu tak bagus..

      Delete
  2. assalamualaikum.
    terima kasih buat ilmu nya, bermanfaat sekali buat semua orang termasuk saya :)
    salam kenal yah ^^

    ReplyDelete
  3. Subhanalloh
    Terimakasih,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Maaf saya mau bertanya apabila saya melakukan dosa besar kemudian saya sudah bertaubat memohon ampun kpd allah dengan shalat taubat,saya sudah menyadari kesalahan saya,saya sudah menyesalinya dan saya sudah berjanji tdk akan mengulanginya lagi tetapi saya tidak bisa meneteskan air mata dan hati saya sangat sedih dan menyesal,apakah allah akan mengampuni saya? Tolong berikan jawaban saya sangat membutuhkannya,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dimaksud bertaubat memohon ampunan Allah adalah : Shalat Taubat lalu memohon ampunan Allah atas dosa-dosanya yang lalu.. Sebutkanlah satu persatu dosa-dosa tersebut.. Sehingga kita teringat saat melakukan dosa tersebut dan insya Allah jika kita bersungguh-sungguh dalam memohon ampunan Allah.. Air mata penyesalan akan keluar dengan sendirinya..

      Delete
    2. Alhamdulillah segala puji dan syukur ke hadrat allah swt..menciptakan langit dan bumi serta sekalian isi isinya..hanya sedetik ingatkan allah di dalam hati pun itu sudah di kira iman..apatah lagi menangis mengingati allah merindui allah..teringat dan menyesal perbuatan yang lalu di tambah lagi takutnya akan azab allah swt yg maha dahsyat...allah itu maha bijaksana...maha pengasih..maha pengampun...wassalam.

      Delete
    3. Sebutkanlah satu persatu dosa-dosa tersebut.. Sehingga kita teringat saat melakukan dosa tersebut dan insya Allah jika kita bersungguh-sungguh dalam memohon ampunan Allah.. Air mata penyesalan akan keluar dengan sendirinya..Apakah harus di sebutkan satu persatu setiap dosa??? bagaimana kalau kita sudah lupa dosa apa saja yg kita perbuat !!! itu bagaimana? mohon jawabannya dengan sejelas2nya dan dan hadistnya apa supoaya tidak mengada2 jawabannya.Terimakasih.

      Delete
    4. "Apakah harus di sebutkan satu persatu setiap dosa??? bagaimana kalau kita sudah lupa dosa apa saja yg kita perbuat !!! itu bagaimana? mohon jawabannya dengan sejelas2nya dan dan hadistnya apa supoaya tidak mengada2 jawabannya."

      Kalem mas.. jangan marah-marah disini.. marah-marah di tempat lain saja.. Disini cuma buat tempat hamba-hamba Allah yang mau bertaubat.. Kalu Anda berasa ngga punya dosa ya ngga perlu taubat.. Lakukan ibadah seperti biasanya..

      Orang yang mau bertaubat adalah orang yang ingat bahwa dia pernah mengerjakan dosa, apalagi dosa besar.. Kalu anda ngga ingat perbuatan dosa yg pernah anda lakukan, ya ngga usah taubat mas..

      Sebutkan satu persatu itu anjuran Ust. YM.. makanya sebelum marah-marah minta hadist segala macam, nonton dulu Video Youtube nya Ust. YM yg sy kasih linknya..

      Kita bersyahadat itu : Asyhadu allaa ilaaha Illallah wa asyhadu annaa Muhammadarrosuulullah.. Aku MENGAKU bahwa Allah adalah Tuhanku, dan aku MENGAKU bahwa Muhammad adalah utusan Allah..

      Intinya adalah pengakuan.. Saat sholat taubat, minta ampunan Allah.. Sebutkan dosa yg mana yg minta diampuni sama Allah.. Yg jelas.. Jangan hanya berpikir Allah Maha Pengampun jadi Allah tau dosa mana yang akan diampuni.. Kalu begitu namanya anda menyepelekan Allah.. Anda tidak jujur sama Allah.. Terbuka saja, ngga usah gengsi-gengsian..

      [4:167] Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah, benar-benar telah sesat sejauh-jauhnya.

      Saran saya, jangan manghalang-halangi manusia dari jalan Allah mas..

      Mas Rudi, hadistnya yah.. googling sendiri deh.. kayanya ada di internet.. Saya yakin mas Rudi lebih pinter dari saya, saya cuma hamba Allah yang bodoh dan lemah.. Punya ilmu secuil tapi sy ingin temen2 lain tau..

      Wallahu a'lam bish-sowwab..

      Delete
    5. yang marah2 dan emosi itu siapa,,!! saya kan bertanya disini,,,?? kalau begitu, anda berarti sudah soudzson sama saya menuduh saya marah2 dan emosi. justru itu, Allah SWT lebih tau dosa apa saja yg kita perbuat, manusia itu tidak mungkin ingat semua dosa yg dia perbuat apa lagi dosa2 kecil, dosa2 beberapa puluh thn. di sini saya bertanya (kalau kita lupa dengan dosa kita BAGAIMANA??)) itu kan yg saya tanya.... saya kutip nie tulisan sodara. (Intinya adalah pengakuan.. Saat sholat taubat, minta ampunan Allah.. Sebutkan dosa yg mana yg minta diampuni sama Allah.. Yg jelas.. Jangan hanya berpikir Allah Maha Pengampun jadi Allah tau dosa mana yang akan diampuni.. Kalu begitu namanya anda menyepelekan Allah.. Anda tidak jujur sama Allah.. Terbuka saja, ngga usah gengsi-gengsian.) sebutkan dosa2 mana yg minta diampuni. kata2 sodara seolah2 manusia itu bisa memilih dosa apa saja yg mau di mapuni ALLAH SWT. MAS MANUSIA MANA SIH YG TIDAK MAU DI AMPUNI SEMUA DOSANYA??? ini mas bilang dosa mana yg minta di ampuni.terUs ada gitu DOSA yang tidak mau di ampuni ALLAH SWT.!! ALLAH LEBIH tau dosa kita. ,,,SUBHANALLAH....DAN Ingat mas kalau masalah AGAMA itu jangan suka merendah2 diri untuk mendapatkan simpatik kalau mas merasa benar buktikan bahwa ucapan mas bisa dipercaya dengan menyantumkan kutipan2 nama atau hadist orang2 tersebut.. dan jangan membawa2 nama Ustd YM. Saya salah satu orang yang sangat Resfect sama beliau. di sini saya hanya menegaskan dengan pertanyaan. Kalau saya lupa dengan dosa2 saya itu BAGAIMANA sedangkan mas bilang sebutkan satu persatu..?? Dan ternyata mas bukan menjawab pertanyaan saya malah menggurui. TERIMAKASIH WASSALAM

      Delete
    6. "...bagaimana kalau kita sudah lupa dosa apa saja yg kita perbuat !!!"
      "...yang marah2 dan emosi itu siapa,,!!"

      mas Rudi, dengan menambahkan tanda "!!!!" pada tulisan mas, orang yg membacanya pasti juga dengan intonasi meninggi layaknya orang marah-marah.. Ngga salah sy menyangka mas sedang marah-marah kpd saya.. Tapi kalu saya salah & mas ngga begitu kpd saya, sy mohon dimaafkan.. Saya cuma makhluk Allah yg bodoh dan lemah..

      "...manusia itu tidak mungkin ingat semua dosa yg dia perbuat apa lagi dosa2 kecil, dosa2 beberapa puluh thn. di sini saya bertanya (kalau kita lupa dengan dosa kita BAGAIMANA??)) itu kan yg saya tanya..."

      Kalu mas : ZINA, JUDI, MINUM KHAMR, NGGAK SHOLAT, DATANG KE DUKUN, dsb diantara 10 Dosa Besar.. Semua itu bisa lupa & ngga inget yah? Masa ngga bisa inget samasekali sih?? Atau sengaja lupa? Ya kalu berasa ngga ada dosa & ngga punya salah kpd Allah ya ngga perlu taubat mas.. kan saya jawab begitu.. simpel aja.

      "...sebutkan dosa2 mana yg minta diampuni. kata2 sodara seolah2 manusia itu bisa memilih dosa apa saja yg mau di mapuni ALLAH SWT. MAS MANUSIA MANA SIH YG TIDAK MAU DI AMPUNI SEMUA DOSANYA??? ini mas bilang dosa mana yg minta di ampuni.terUs ada gitu DOSA yang tidak mau di ampuni ALLAH SWT.!! ALLAH LEBIH tau dosa kita. ,,,SUBHANALLAH..."

      Mas betul, Allah Maha Tau dosa-dosa kita.. Yg dimaksud dengan isi blog saya ini mengenai 10 Dosa Besar yang kemungkinan besar menghalangi langkah-langkah kita untuk mendapatkan rahmat Allah.. Kalau dosa-dosa kecil itu bisa dihapus dengan wudhu yang sempurna, istighfar, dan memohon ampunan Allah.. Tapi kalau telah mengerjakan diantara 10 Dosa Besar (kayaknya ngga mungkin lupa deh kalau pernah; MINUM BIR, ZINA, MENCURI UANG/HARTA ORANG LAIN, & DOSA2 BESAR LAINNYA..), ya menurut saya yang telah mendengarkan tausiyah Ust. YM dan menuangkannya dalam bentuk e-book supaya Saudara-saudara saya yang lainnya ikut bertaubat, ya harus disebutkan dosanya.. Kalu hanya satu, misalnya telah ber-ZINA.. Ya sebutkan dosa zinahnya itu kapan, dimana, dengan siapa.. Dan kalu dosa diantara 10 Dosa Besar itu banyak dikerjakan.. Ya mesti disebutkan satu persatu dosanya mas..

      Saya menyampaikan berdasarkan pengalaman sy yg sudah mencoba MENGAKU kpd Allah dengan menyebutkan diantara 10 Dosa Besar yg pernah sy kerjakan, satu persatu.. Setelah satu dosa sy sebutkan... Timbul & diingatan dosa yg lain... Hilang dosa yg itu, timbul & diingatkan lagi dosa yg lain yg pernah sy kerjakan.. Begitu terus hingga di pikiran sy tiada lg dosa yg terlintas..

      Delete
    7. ...
      "...DAN Ingat mas kalau masalah AGAMA itu jangan suka merendah2 diri untuk mendapatkan simpatik kalau mas merasa benar buktikan bahwa ucapan mas bisa dipercaya dengan menyantumkan kutipan2 nama atau hadist orang2 tersebut.. dan jangan membawa2 nama Ustd YM."

      Bagaimana yah, bukan maksud merendah, sy memang orangnya begini mas.. Sy takut sama Allah kalu sy bicara/nulis yg macem2.. Tadinya jujur sy ngga mau publikasi tulisan mas, tapi insya Allah, justru dengan tulisan mas Rudi ini orang jadi tau bahwa dalam menyuarakan ayat2 Allah ada saja tantangannya.. Untuk taubat itu perlu pengorbanan yg besar..

      Hadist mengenai pengakuan dosa satu persatu..? Sy mengutipnya dari tausiyah Ust. YM yg linknya ada di sampul e-book saya.. Coba mas download e-book saya.. Lalu klik link yg ada di sampulnya.. Dengarkan dengan cermat diantara tausiyah Ust. YM, insya Allah ada di situ..

      Lagian mas, berkomunikasi dengan Allah bisa dengan bahasa apa saja, dengan bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dsb. boleh.. Mau bicara, ngomong, curhat yang paling enak cuma sama Allah.. Saat malam hari, lagi sepiii.., coba deh.. Trus, perlu hadist juga yah kalu nyebutin dosa satu-persatu kepada Allah?

      Misalnya begini, "Ya Allah, ampuni dosaku karena aku pernah berbuat zinah dg si A waktu tahun lalu di penginapan anu.. Ya Allah, aku mohon ampunan Engkau karena tahun 2000 lalu aku pernah minum whiski dg si B di tikungan jalan.. Ya Allah, aku mohon ampunan Engkau karena seminggu lalu aku pernah mencuri uangnya si C dan uangnya sudah habis aku belanjakan.. insya Allah jika aku ada rizki akan aku ganti sambil mohon maaf kpd si C.. Ampuni aku ya Allah.."

      Kira-kira perlu landasan hadist untuk melakukan komunikasi seperti di atas ya mas?

      Soal nama Ust. YM yg ada di blog sy, laah bagaimana sy tidak membawa-bawa nama Ust. YM, wong jelas-jelas sy sebutkan di awal blog sy ini bahwa sy nulis blog ini berdasarkan tausiyah Ust. YM yg saya simak lalu sy tuangkan di e-book sy maas.. Saya taubat krn mendengarkan tausiyah2 beliau maas...

      Ngga boleh dong sy mengatasnamakan diri sy sendiri padahal sumbernya adalah beliau.. Bisa kualat saya maas.. Na'udzubillaahi min dzalik..

      "...Dan ternyata mas bukan menjawab pertanyaan saya malah menggurui..."

      Anda bertanya kepada sy ya sy jelaskan mas.. Dijelaskan kok malah bilang menggurui..? Bingung sy jadinya.. Jangan-jangan anda memang bukan ingin bertanya tapi memang hanya cari masalah saja maas..

      Sy liat blog mas bagus nih, http://rudi-hardiansyah.blogspot.com/

      Lebih baik mas konsentrasi di blog mas & sama-sama kita syiar dengan blog masing2 ya mas.. Berbagi kepada temen2 lain supaya sama2 kita masuk ke dalam syurga Allah..

      Mhn maaf sy ngga mau bersilat kata dg mas.. saya cuma mau berbagi pengalaman sy dlm bertaubat kepada Allah SWT dg temen2 sesama muslim.. Kalu ada kata2 sy yg salah, sy mohon dimaafkan,..

      Tks dah mampir mas, salam buat keluarga di rumah

      Delete
    8. Setelah diskusi di atas, saya dan mas Rudi Hardiansyah masih sempat berkomunikasi via email masing-masing, namun sy pikir cukup selesai disini saja, berikut email2 kami sebagai i'tibar (peninjauan kpd semua hal) bagi kita semua :

      Mas Rudi (rudi_hardiansyah@yahoo.co.id) :

      Justru itu mas menulis ( sebutkan dosa mana saja yang minta diampuni) seolah-olah mas jadi mengatakan dosa bisa dipilih2 yang mau di ampuni ALLAH SWT kan ?. itu tulisan mas yang pertama. dan mas tidak menjelaskan maksd dari tulisan mas tersebut , tafsiran orang dari tulisan mas itu pada saat dibaca orang otomatis berfikir, manusia itu bisa memilih2 dosa mereka mana saja yang mau di ampuni dan yang tidak oleh ALLAH SWT. begitu kan?? itu yang jd pertanyaan saya juga di blog mas. oh ya mas siapa ini namanya,,?? mungkin lebih enak kan klw tau nama. memper erat silaturahim,,, dan jawab mas untuk pertanyaan itu di jawab sama mas tidak seperti jawab mas yg sekarang, lebih detail,,,saran aja mas, klw kasih info atau kita berbagi ilmu mending lebih mendetail atau lebih jelas uraiannya supaya orang yg dapat ilmu dri mas tdk salah tafsir atau salah kaprah (maaf nie bukan menggurui, ini saran saja. dan yg kedua pertanyaan saya di blog ini.Kalau kita lupa dengan dosa kita BAGAIMANA?? ITU YG JADI PERTANYAAN SAYA. tapi mas menjawab malah

      ( KALEM MAS..JANGAN MARAH-MARAH DISINI...MARAH-MARAH DITEMPAT LAIN SAJA..DISINI CUMAN BUAT TEMPAT HAMBA-HAMBA ALLAH YANG MAU BERTAUBAT. KALAU ANDA MERASA NGGA PUNYA DOSA YA NGGA PERLU TAUBAT..LAKUKAN IBADAH SEPERTI BIASANYA..ORANG YANG MAU BERTAUBAT ADALAH ORANG YANG INGAT BAHWA DIA PERNAH MENGERJAKAN DOSA, APALAGI DOSA BESAR..KALAU ANDA PERNAH MENGERJAKAN DOSA, APALAGI DOSA BESAR..KALAU ANDA NGGA INGAT DENGAN PERBUATAN DOSA YANG PERNAH ANDA LAKUKAN YA NGGA USAH TOBAT MAS )

      mas menjawab pertanyaan saya dengan itu.dan menurut saya jawaban mas itu sangat teramat CERDAS untuk orang seperti mas yg mau berbagi ILMU.

      semakin banyak jadinya yg mau saya tanyakan setelah membaca jawaban2 mas.

      1. Blog ini cuman untuk hamba2 ALLAH SWT yg mau bertobat? ber arti yg tidak mau bertobat jangan masuk blog ini?? Terusa dimana yah orang yg tidak mau bertaubat harusnya?

      2. Kalau TIDAK INGAT DENGAN DOSA yang sudah di perbuat apa tidak perlu bertaubat..??

      mungkin cukup pertanyaan tambahan saya ini di blog mas.
      mohon penjelsan dan jawabannya,,,Terimakasih Wassalm

      Dan saya mohon maaf dengan setulus2nya apabila pertanyaan saya atau tulisan saya ini ada yang menyinggung hati/perasaan mas, karena saya manusia biasa yang tidak luput dari salah dan khilaf dan dosa.

      Delete
    9. Saya (10dosabesar@gmail.com) :

      1. Masih banyak blog2 lain mas, silahkan mampir keblog2 lainnya saja...

      2. kalu tidak ingat dengan dosa yg sudah diperbuat, artinya lupa dosa2nya.. ya ngga usah taubat mas, silahkan ibadah seperti biasa ... berkali2 sy bilang begitu tp mas ngga mau ngerti juga.. sy malah jadi bingung mau jelasin bagaimana lagi,,

      Saya hanya bisa berdoa kepada Allah Ta'ala..
      "Allaahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammad, wa 'alaa aalihi wa sohbihi ajma'in..
      Ya Allah, Engkau-lah yang memiliki Kerajaan Langit dan Bumi, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki, Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki.. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki,Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki.. ditangan Engkau-lah segala kebajikan.. Berikanlah hidayah Engkau kepada mas Rudi Hardiansyah supaya mas Rudi dapat menikmati lezatnya iman dan kasih sayang dekat dengan Engkau.. Aamiin yaa Robbal'aalamiin..

      Delete
    10. Mas Rudi (rudi_hardiansyah@yahoo.co.id) :

      LUPA dengan TIDAK PUNYA DOSA itu maknanya...

      saya bertanya sama sodara..# KALAU SAYA LUPA...PERLU DI ULANG LAGI...??? KALAU SAYA LUPA DENGAN DOSA SAYA ..ITU BAGAIMANA...?? dan BUKAN TIDAK PUNYA DOSA...Ngapain saya bertanya sama sodara kalau saya ga punya DOSA,,

      SO,,,kalau orang yg ga ingat dengan dosa yg telah di perbuat BERARTI dia tidak PERLU BERTAUBAT,,,?? #saya pegang omongan anda,, dan ini akan saya pegang sampai akhir dunia...dan saya akan meminta pertanggung jawaban anda di akhirat nanti karena anda sudah mengatakan....KALAU ORANG YG MAU BERTAUBAT ORANG YANG INGAT DENGAN DOSA.

      Tiada hak anda melarang/membolehkan seseorang bikin blog.. Semoga Allah SWT memberikan hidayah-Nya untuk anda sehingga akan anda nikmati dekatnya hubungan anda dengan Allah Ta'ala.... Aamiin yaa Robbal'aalamiin..

      DAN ITU RESIKO ANDA UNTUK MENERIMA KRITIKAN,COMENT,DAN PERTANYAAN DARI SEORANG BLOGER LAINNYA.kalau tidak ingin di coment tutup aja blog nya bereskan. RESIKO di dunia maya mendapat kritikan.
      Sedekat apa anda dengan ALLAH SWT....?? sehingga anda mengatakan semoga saya di beri hidayah ??

      INTINYA DI SINI ANDA MENGATAKAN, ORANG YANG MAU BERTAUBAT ADALAH ORANG YG INGAT DENGAN DOSA NYA...BERARTI ORANG YG MAU BERTAUBAT TAPI LUPA DENGAN DOSA NYA ITU GA PERLU BERTAUBAT....

      #Saya catat omongan sodara ini, dan walaupun saya belum pernah mengikuti ceramah langsung Ustd YM. tapi kebetulan sekali teman saya ada yang selalu mengikuti pengajiannya..akan saya pertanyakan sama beliau.

      Sebutkan nama sodara kalau memang perkataan sodara BENAR dalam menjwb dan mengomentari blog sodara, Jangan meggunakan nama samaran.

      Delete
    11. Saya (10dosabesar@gmail.com) :

      Astaghfirullaahal a'dzhiim... Subhanallah..

      Saya tidak mau bersilat kata dengan mas Rudi, saya ingin menutup pembicaraan kita dengan mengatakan :

      Jika ada tulisan-tulisan saya yang merendahkan intelektualitas mas Rudi sehingga menyinggung perasaan mas Rudi, saya mohon dimaafkan..

      Jika mas Rudi seorang muslim, saya mohon sebagai sesama muslim agar kita tidak perlu saling mengkritisi.. Silahkan mas Rudi kritisi blog-blog agama lain.. Banyak blog2 agama lain yang mencerca dan memaki-maki Islam.. Silahkan mas Rudi berkunjung dan mengkritisi blog2 tersebut..

      Saya percaya bahwa niat adalah dasar dari semua ibadah dan perbuatan, jika niat seseorang baik maka akan diganjar Allah dengan kebaikan yang berlipat, sebaliknya jika niat seseorang buruk maka akan diganjar Allah dengan keburukan pula.. Ada ayat yang menyebutkan diganjar setimpal dan ada pula ayat yang menyebutkan akan diganjar keburukan yang berlipat.. Adapun mengenai niat selama kita berkomunikasi, saya kembalikan kepada Allah Ta'ala..

      Saya di blog ini cuma ingin berbagi kepada sesama muslim yang mau saya bagi.. Kalu memang dia tidak mau saya bagi, tidak apa-apa..

      Demikian saya tutup pembicaraan kita dan terimakasih atas perhatiannya

      Delete
    12. Assalamu'alaikum Wr.Wb..
      haloo pak Ustad semua aku hanya mau ambil jalan tengahnya aja, maaf sebelumnnya...
      mau bertobat aja diributkan... perlu diketahui Allah SWT paling benci ma manusia yang suka ribut dan sok jadi pandai semua...
      mendingan klo mau tobat... ya sholat tobat aja.. dengan niat bahwa kita berusaha untuk tidak mengulangi lagi semua perbuatan dosa yang pernah kita lakukan. Allah SWT maha tahu apa yang kita laku sejak kita lahir sampai kita mati... jadi untuk masalah sholat diterima dan tidaknya hanya Allah SWT yang tahu. intinya niatkan/mantapkan hati untuk benar2 bertobat. ok pa ustad semua... wassalamu'alaikum wr.wb.

      Delete
  5. Maaf saya mau bertanya apabila saya melakukan dosa besar kemudian saya sudah bertaubat memohon ampun kpd allah dengan shalat taubat,saya sudah menyadari kesalahan saya,saya sudah menyesalinya dan saya sudah berjanji tdk akan mengulanginya lagi tetapi saya tidak bisa meneteskan air mata dan hati saya sangat sedih dan menyesal,apakah allah akan mengampuni saya? Tolong berikan jawaban saya sangat membutuhkannya,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal meneteskan air mata mungkin tidak ada hubungannya dengan bertaubat.. asal taubat dilakukan dengan sungguh2 dan tidak mengulanginya lagi sambil memperbaiki shalat2nya lalu memperbanyak amal sholeh serta amal ibadah, insya Allah, Allah mengampuni karena janji Allah bahwa Allah akan mengampuni siapapun hamba-Nya yang meminta ampun kepada-Nya.. wallahu a'lam bishshowwab

      Delete
    2. Nah, saya setuju dengan jawaban yang ini...
      InsyaAllah, tak menimbulkan kritik ataupun kontra... :)

      Terimakasih sharing ilmunya... :)

      Delete
    3. Mbak Kiki,

      Yang saya dapat dari guru saya sih begini mbak; "Kalau sumbernya sama, harusnya keluarnya juga sama."

      Jadi di QS. Al Ikhlas sdh Allah jelaskan bahwa Allah itu Ahad (satu), tidak ber-anak dan diperanak-kan.. Sebagai seorang Muslim kita harus yakin dengan ayat itu. Kalau kita tidak yakin, berarti kita "murtad"... Nah, jadi kalau kita masih percaya dan setuju dengan pendapat non-muslim bahwa Allah itu ber-anak, bertiga, dsb., dengan berbagai alasan misalnya; mereka cuma salah tafsir, mereka menyimpang, dsb.. Hati-hati mbak, Ilmu Tauhid (ilmu mengenai ke-Esa-an Allah) adalah pondasi (dasar) dari ibadah dan mempelajari Islam => contohnya : Orang sblum masuk Islam baca Syahadat.. Kalau mengenai ke-Esa-an Allah saja kita masih ragu - krn masih percaya dengan pendapat non-muslim itu - berarti kemungkinan ibadah kita lainnya bisa tidak sempurna..

      Intinya mbak Kiki, Al Qur'an itu adalah salahsatu kalam Allah, sumbernya langsung dari Allah => Di Al Qur'an ada Surah Al Ikhlas yg menjelaskan soal ke-Esa-an Allah => Maka jika ada pendapat selain itu berarti "Sumbernya Bukan dari Allah." Itu sj pendapat saya mbak.

      Wallahu a'lambish-showwab.

      Delete
    4. * tidak ber-anak dan tidak diperanak-kan..

      Delete
  6. terimakasih banyak
    lengkap sekali ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaahirobbil"alamiin.. Sama-sama Kaang

      Delete
  7. terimakasih banyak
    lengkap sekali ^^

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas pengarahannya ... sangat brmnfaat bagi saya lalu ada kah wktu yg tepat untk melakukan sholat taubat??

    ReplyDelete
  9. Shalat Taubat kapan saja waktunya.. Kecuali saat matahari terbit & terbenam, itu ngga boleh shalat apapun, kecuali shalat tahiyatul masjid..

    Lebih afdol shalat taubatnya diwaktu sepertiga malam, diantara pk.01.00 sd shubuh..

    Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Asalamualaikum PA Ustad
    Mengenai larangan waktu sholat di jam Pk. 06.00 - 07.00.kalau seumpamanya kita kehilapan atau kesiangan bangun untuk mengerjakan sholat subuh .dan kita bangunnya seumpamanya di jam 6.30 ....Sy pernah baca Rosulluloh pernah kesiangan sekali dan Beliou langsung mengerjakan sholat subuh ,trs kl seumpamanya saya kesiangan nih apakah saya harus nungu sampai jam 07.00 an gitu juga ga? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalu kesiangan, pas bangun langsung mandi (kalu sempat & nggak dalam kondisi junub), sikat gigi, berwudhu lalu sholat.. orang tidur = orang ngga sadar, saat orang ngga sadar tdk ada kewajiban sholat.. wallahu a'lam bish-showwab

      Delete
    2. Wa'alaikumsalam mas, ane bukan Ustad, cuma sesama yg mau berbagi cerita aja.. thanks mas..

      Delete
  11. Assalamualaikum..
    Saudara muslim ku..saya menyesal karena saya baru saja melakukan perzinahan saudara ku.saya takut..saya telah melakukan sholat taubat saudara ku..semoga taubatan saya di terima sauadara ku..saya benar2 bertaubat dan tak akan mengulangi nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam..

      Segera bertaubat, perbanyak shalat malam, perbanyak sujud, perbanyak doa saat sujud, perbanyak istighfar dimanapun anda berada.. sebutkan satu persatu dosa-dosanya (zinahnya) hingga terbayang hukuman yg akan menimpa jika Allah murka.. Insya Allah jika itu terus dilakukan, rekaman zinah di otak sudah habis/hilang, hati menjadi tenang, itu suatu tanda Allah insya Allah berkenan mengampuni..

      Delete
    2. mas , yang dimaksud doa ketika sujud , itu berlaku pada sholat baik fardhu maupun sunah ya? maaf masih bingung

      Delete
    3. Mas,

      Menurut saya : silahkan perbanyak doa saat sujud di sholat fardhu maupun sholat sunnah.. Kalau mas artikan bacaan2 sholat kita ya, itu semuanya adalah doa mas.. Upaya manusia utk berkomunikasi dengan Allah.. Tapi, berkomunikasilah dengan Allah sesuai dengan tutunannya.. Jika rukun sholatnya sdh dikerjakan, sunnahnya (seperti perbanyak doa saat sujud) jika ada kesempatan, silahkan dikerjakan pula, insya Allah pahala wajibnya dapet, pahala sunnahnya juga dapet..

      Wallahu a'lam bish-showwab

      Delete
  12. Assalamualaikum.wr.wb ..
    Diantara 10 dosa besar tsb ..
    Slain Syirik apakah dosa2 besar lain bisa diampuni Allah jika kita sudah bertaubat ..??
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam Wr. Wb.

      Insya Allah diampuni semua dosa-2 karena Allah Maha Pengampun.. Berusaha mengambil hati Allah dong supaya diampuni, bagaimana caranya gitu..

      Delete
  13. kalau adzan magrib jam 17.30, apa harus menunda sholat? sedangkan menunda sholat itu dosa.. makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. menunda shalat gimana ? kalau sudah masuk waktu maghrib ya mesti segera sholat maghrib kan?

      Delete
    2. eh, kalu yang dimaksud sholat ashar ja, 17.30 ya sdh ngga boleh kali krn matahari posisi mau tenggelam yah..

      Delete
  14. Terima kasih untuk ilmunya, semoga bermanfaat bagi semua, dan semoga Allah selalu melindungi dan menjauhkan kita dari siksa neraka aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yaa Allah yaa Robbal'aalamiin..

      Delete
  15. ijin copas boleh? rumahkelinci127.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. Assalamu'alaikum.
    Maaf, kalau dosa meninggalakn shalat selama beberapa waktu tertentu dengan sengaja, apakah harus diganti shalatnya sebanyak yg ditinggalkan lalu memperbanyak shalat sunnah? Atau cukup dengan bertaubat, menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Wr. Wb.. (salam yang sama buat pengunjung blog kami)..

      Menurut Imam Syafi'i dianjurkan berusaha untuk meng-qodho (mengganti) shalat2 wajib yg pernah ditinggalkannya.. Kalau ajal menjemput sebelum lunas, minimal ada usaha melunasi hutang2 sholatnya itu..

      Delete
    2. gimana cra meng-qodhonya klo gak inget brpa rkaat sholat yg dtgglkan, yg bner aja

      Delete
    3. mas Panji kalu ngga inget brp rakaat sholat yang ditinggalkan, ya ngga usah diqodho mas? Tapi yakin pernah meninggalkan? Ya harus diqodho mas.. Inget2 aja kira2 era/waktunya kapan.. waktu SMP? SMA? Berapa bulan? Berapa tahun? Berapa minggu? ya kalu sejak baligh (usia 12 tahun misalnya) hingga sekarang umur 20 tahun misalnya masih bolong2.. Jadi sekitar 8 tahun.. niatin aja selama 8 tahun kedepan sholat di qodho.. kalu lagi inget n sempet, lakukan qodho.. kalu ngga inget n ngga sempet ya nggak apa2.. Minta ampun sama Allah aja supaya Allah mengampuni..

      Wallahu a'lam bish-showwab

      Delete
    4. assalamu'alaikum , maaf mau tanya . cara mengqodhonya bagaimana ? (misalnya sholat zuhur tidak sholat) kemudian bacaan niatnya apa ? dan mohon dijelaskan tata cara meng qodhonya . Terimakasih

      Delete
    5. Wa'alaikumsalaam..

      Niat jika ingin mengqodho sholat zhuhur karena pernah meninggalkannya :
      "Usholli fardhoz-zuhri arba'a roka'atim-mustaqbilal qiblati qodhoo'an lillaahi ta'aalaa.."

      Lalu bacaan & gerakannya sama seperti sholat zhuhur yg dikerjakan sebelumnya dengan sempurna..

      Maksudnya, sholat zhuhur dulu, baru sholat zhuhur lagi tapi selanjutnya niatnya untuk mengqodho shalat yg pernah ditinggalkan..

      Qodho sholat adalah diwaktu2nya masing2.. Kalu mau qodho shubuh ya di waktu shubuh, zhuhur diwaktu zhuhur, dst.

      Wallaahu a'lam bish-showwab..

      Sama-sama mbaak..

      Delete
    6. Assalamu'alaikum..Mas Dosa Besar, saya sebagai org awam dan miskin tentang ilmu agama Islam dan mungkin jg bagi teman2 smua yg belum jelas tentang hukum sholat wajib atau pun smua hukum2 Islam sangat terbantu sekali dengan ketik2an atau tulisan yg anda siarkan ini..sy adalah jg seorang pendosa besar diantara 10 dosa2 tersebut...Wassallamu'alaikum..

      Delete
    7. Mas Dosa Besar...tulisan anda sangat bermanfaat sekali bagi saya maupun siapa saja sebagai org awam atw miskin dg pengetahuan agama Islam, sy sangat terbantu sekali dengan ketikan2 anda atau ilmu2 yg telah anda siarkan kepada smua org...mungkin ada jg org yg sama sperti sy yg g tau apa yg harus lakukan ketika lalai dalam sholat atau tdk sengaja meninggalkan sholat ini terimakasih sodara..

      Delete
    8. Alhamdulillaahirobbil'aalamiin.. Sama-sama mas Ujang.. Insya Allah bermanfaat buat semuanya.. Kita istiqomah saja dalam menjalankan ibadah.. Insya Allah, Allah akan mengampuni dosa-dosa kita..

      Delete
  17. makasih... ini sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  18. Sholat taubat mendekatkan kepada Alloh ?? # Good Luck

    ReplyDelete
  19. Assalamu alaikum Wr. Wb. Klw di laksanakan 6 rakaat.. Trus rakaat pertama baca surah al-kafirun dan keduanya surah al-ikhlas.. Klw misal seterusnya baca surah yg sama.. Bisa gak?? Mohon penjelsannya.. Terima kash sebelumnya dan salam kenal.. Penjelsannya di atas sangat membantu saya.. Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca kedua surat itu cuma anjuran.. mau diulang-ulang juga boleh.. mau ganti surat lain juga boleh.. asal penuh khusyu dan sambil mengingat-ingat dosa yg pernah dilakukan hingga akhirnya menangis tersungkur, menyesal dan berjanji tidak mengulangi perbuatan dosanya itu..

      Delete
    2. Wa'alaikumsalam Wr. Wb. maas

      Delete
  20. Assalamualaikum... Aku mau tanya kalau sujud itu bacaannya gak ada ya.. Maksudnya meminta maaf saja kan? Gak make bacaan yang biasanya kita pakai seperti saat sholat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasulullah justru memperbanyak doa saat sujud karena saat terdekat seorang hamba dengan Penciptanya (Allah SWT) adalah saat bersujud.. Googling sendiri hadistnya yah..

      Delete
  21. sungguh membuat sesal akan dosa,astagfirullah...

    ReplyDelete
  22. TERIMA KASIH atas ilmunya
    apa sholat atubat boleh di lakukan pada bulan ramadhan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan saja asal diluar waktu-waktu yg diharamkan utk shalat..

      Delete
  23. kalo misal sudah 3x tidak sholat jum;at karena alasan yang tidak jelas lalu kita memohon taubat/sholat taubat kepada allah s.w.t, apa taubat kita akan di terima oleh allah s.w.t ? mohon bantuannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak tau.. Tapi kerjakan saja sholat taubat dan janji kepada Allah utk tidak mengulangi perbuatannya.. (jika ada uzur syar'inya, shalat Jumat dapat diganti dengan shalat zhuhur)

      Delete
  24. Replies
    1. Subhanallah.. Maha suci Engkau ya Allah..

      Delete
  25. Setelah selesai sholat, apakah diharuskan membaca surat At Taubah?

    ReplyDelete
  26. assalamu'alaikum..sya mw brtanya,jika seseorang prnh solat taubat nasuha tp dy mengulangi kslhnnya lg dan dy menyesal apakah msh bs untuk solat taubat nasuha lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allah Maha Pengasih dan Penyayang.. Sepanjang nafas masih berhembus, lakukan taubat lagi, taubatan nasuha (taubat yg sebenar=benarnya).. lalu berusaha tidak mengulangi lagi dosa2nya..

      Delete
  27. Ijin share di blogku yaa... makasih banyak, semoga menjadi amalan yang baik di mata Allah swt. Aamiin~

    ReplyDelete
  28. Terima kasih banyak pak.... ini sangat bermanfaat buat saya.
    Alhamdulillah ya ALLAH ENGKAU selalu memberikan jalan kepada hambamu ini.

    ReplyDelete
  29. assalam'mualaikum.
    terimakasih banyak atas informasi yang sangatlah bremanfaat ini.
    semoga kita semua mendapatkan ampunan dan perlindungan Allah SWT. amiin
    wassalam'mualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama.. semoga begitu juga buat semua Hamba Allah yang bertaubat.. Amiiin yaa Robbal'aalamiin

      Delete
  30. Assalamualaikum saya mau bertanya apakah kalo sujud kita membaca bacaan sujud juga.syukron mhn diblas.trimakash

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada satu hadist yang menyebutkan Rasulullah memperbanyak doa saat bersujud.. googling sendiri yah hadistnya..

      Delete
  31. Syukron katsiron atas ilmu yang telah dibagikan dan bermanfaat :-)

    ReplyDelete
  32. sya mau tnya klau orang yg mlakukan dosa bsar trus solat taubat tpi nti kdpan,a diulangi lgi prbuatan,a itu gmna ya.?
    sya blm bsa brtobat dgan sungguh2.....
    gmna cra,a spaya kta bner2 brtobat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lakukan taubatan nasuha sebelum sakaratul maut.. jika nanti mengulangi? kita nggak tau masa depan, itu urusan Allah.. bicara yg sekarang aja yah..

      Delete
    2. itu artinya antum belum diterima taubat nasuha nya. ciri-ciri taubat yang diterima adalah kita akan otomatis membenci hal2 yang menimbulkan dosa yg pernah kita perbuat. kita bener2 muak, jadinya ga bakal diulangi lagi. #MaafNimbrung .. Wassalamualaikum

      Delete
  33. Sangat bermanfaat. Lalu bagaimana dg taubatan nasuha? Katany utk dosa besar harus dg taubat nasuha. Bagaimana cara taubat nasuha? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taubatan Nasuhaa artinya taubat yang sebenar-benarnya.. Tidak melakukan perbuatan dosa lagi, selanjutnya berusaha memperbaiki ibadah2nya dan memperbanyak amal sholeh

      Delete
  34. terimekesih semoga alloh akan membalas nya dengan pahala yang besar ....amin











    ReplyDelete
  35. assalam'mualaikum mas.
    saya mau tanya, ketika saya telah melakukan kekhilafan dalam maksiat ketika terkena penyakit yg mengeluarkan cairan dari alat kelamin apa kita masih diperbolehkan sholat/sholat taubat dan apa mungkin allah mengampuni dan menyembuhkannya. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam mas..
      Saya percaya dengan Ust YM yg mengatakan tubuh kita ini suci & milik Yang Maha Suci.. sesuatu yg terjadi pd tubuh kita adalah karena ridho Allah Yang Maha Menciptakan tubuh ini & pemilik tubuh ini..

      Minta kesembuhan kepada Allah Ta'ala dengan Taubatan Nasuha.. jika masih keluar sesuatu dari kelamin insya Allah hitungannya daruroh/darurat..insya Allah dimaafkan Allah asal ikhtiar berobat utk kesembuhan..

      saya ngga tau Allah akan mengampuni/menyembuhkan atau nggak, karena itu hak prerogatif Allah Ta'ala.. tapi sebagai property ciptaan-Nya yakinlah kekuasaan & kekuatan Allah diatas masalah2 kita.. wallahu a'lam bish-showwab..

      Delete
    2. Subhannallah.. Maha Suci Allah yg Maha Perkasa lagi Maha Agung.

      Allah itu Maha Pengampun {Al-Ghafuur: ( الغفور )} lagi Maha Penerima Taubat hamba-hambanya {At-Tawwaab ( التواب )}. Bersungguh2 lah dalam bertaubat dan JANGANLAH MENGULANGI kembali apapun itu perkaranya.

      Sakit dan Penyakit itu datangnya dari Allah yang di sebabkan karena ; perbuatan manusia itu sendiri yang merusak dirinya, atau sebagai ujian dari Allah untuk melihat kesabaran dan ke-ikhlasan seorang hambanya dalam menjalani hidup dan kehidupan.
      Terus lah berdoa dan minta kesembuhan atas penyakit saudara kepada Dzat Yang Maha Menyembuhkan {Asy Syaafii (الشَّافِي )} segala macam rasa sakit dan penyakit.

      Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian diatas. Yang salah itu datangnya dari saya pribadi dan yang benar itu datangnya dari Allah Azza Wa Jalla.

      Wassalamu'alaikum Wr Wb

      Delete
  36. Assalamualaikum Wr.Wb
    maaf, mau bertanya ya.. jika meninggalkan sholat karena malas, kemudian ingin bertaubat. sebaiknya sholat yg telah ditinggalkan diganti kan ya? jika sudah lupa karena sudah lama, bagaimana?
    trimakasih sebelumnya..
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa 'alaikumsalam Wr Wb
      Kamu perkirakan saja periodenya kapan? Berapa tahun? Berapa bulan? Ya selama bbrp tahun/bulan itu yang mesti kamu ganti.. Kalau lupa? Insya Allah, Allah Maha Mengetahui dan Dia Maha Mengampuni dosa2 hamba-Nya

      Delete
  37. Mas Tanya, Ketika sholat.. Apa yang kita fokuskan ? mksudnya Fikirkita itu kita Fokuskn ke penyesalan ato apa mas ? Soalnya Kalo Sholat Fikir saya Selalu Ngambyang mas,Fikirnya teko endi endi..

    ReplyDelete
  38. Supaya khusyu (fokus/konsentrasi), ibaratnya kalau kita menghadap Presiden bagaimana? Baju yang paling bagus, wangi, suci, mandi dulu.. Nah ini yg kita hadapi itu Pemilik Kerajaan Langit dan Bumi (diatasnya Presiden), jadi kita harus seperti itu.. Takzim.. Konsentrasi.. Insya Allah bisa khusyu.. Jangan lupa baca ta'awuz ('audzubillaahi minasy-syaithoonirrojiim) dulu sebelum sholat..

    ReplyDelete
  39. Assalamuallaikum, mau tanya mas,, kan saya sering banget solatnya bolong2,, nah, dari comment diatas, disimpulkan kalau solat yang bolong harusnya diganti,, apa ada tata cara kusus, niat mungkin, atau cuma solat di waktu yang bolong ?? misal, bolong solat subuh, jadi gantinya juga dilakukan pas subuh gitu aja,, minta penjelasannya ya mas,, semoga ilmunya barokah :) amieeeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam mas Edo,

      Ya kalu bolongnya shubuh, diganti pas shubuh.. sholat shubuh lagi.. Kalu zhuhur, ya sholat zhuhur lagi.. begitu seterusnya.. Niatnya sholat zhuhur yg kedua untuk mengqodho sholat yang lalu/yang dulu ditinggalkan.. Sampai kapan? sampai mas Edo berasa plong/lunas sholat2nya yang lalu.. Allah Maha Pengampun.. Peraturan wajib sholat ini dari Allah, cuma Allah yg dapat mengampuni jadinya..

      Wallahu a'lam bish-showwab

      Delete
  40. Assalamualaikum.....
    Malam pak...tadi saya ada sedikit baca..wkt yg tepat untuk sholat taubat sebaiknya di waktu spertiga malam antara jam 01.00 sampai seblum masuk wkt subuh...apakah kita perlu mandi dulu pak? Sebelum melakukan sholat Taubatnya ? Trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam mas Ferdi..

      Ajaran guru2 saya.. Kalu bangun malam, jam 2 atau jam 3 pagi.. sebaiknya langsung mandi, sikat gigi, pake baju yang paling bagus, pakai minyak wangi... Karena kita mau menghadap Allah Sang Pemilik Langit dan Bumi.. Jauh lebih tinggi dari presiden, raja, dsb. (manusia biasa) Lalu sholat.. insya maaaas, kita akan khusyu, doa2 apapun gampang keluar, insya Allah akan diijabah Allah taubat n doanya..

      Samasama mas Ferdi.

      Wallahu a'lam bish-showwab

      Delete
  41. Assaalamalaikum wr wb.

    Maaf pak ustad, saya mau tanya
    kalau sholad sunah borongan dalam satu hari/satu malam boleh tidak yach.

    Misalnya habis sholad wajid isya
    saya langsung mengerjakan sholat taubat 4 rokaat, setelah dhikir dan doa
    Saya lanjutkan sholat sunah hajat 4 rokaat
    setelah itu saya tidur lalu bangun untuk mengerjakan sholad tahajut, paginya saya lakukan sholad dhuha.

    Mohon infonya
    Saya ucapakan terima kasih banyak dan mohon maaf apabila ada kata2 yg salah.

    Walaikum salam Wr, Wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam mas Reyza..

      Ane buklan ustad, ane cuma hamba Allah yg bertaubat..
      Mau dikerjakan sholat teruis sehari-semalem juga ngga apa-apa kalu pas emang ngga ada kerjaan.. Mau dicicil-cicil atau dirapel pas sholat malem juga ngga apa-apa..

      Sing penting setelah sholatnya maas.. Apakah shalat kita membawa barokah untuk kita atau ngga? Kalu habis sholat masih mengerjakan kemungkaran ua percuma? Kan "innassholata 'anil fahsya-i wal munkar".. Sholat mencegah perbuatan keji dan mungkar.. Kalu masih mengerjakan dosa setelah sholat berarti artinya dia tidak sholat atau sholatnya sia-sia..

      Memang maaas.. Mendingan kejar Allah dah daripada ngejar yang lain.. Insya Allah dunia dan akherat dapet..

      Wallahu a'kam bish-showwab

      Delete
    2. maksudnya : Innaasholata tanha 'anil fahsyaa-i wal munkaar.."

      Delete
  42. assallammualaikum....smga aku bisa mengamalkan ini karena aku sangat ama ingin bertaubat...aku tak punya siapa2 hanya allah yang aku miliki...kesalahan terbesar akau ada sudah menyia2kan org yang tulus...apakah setelah aku melakukan taubatan ini org yang telah aku sakitin itu bisa kembali kepadaku???apakah dy bisa nerima aku seperti dulu kala??? :'( yang penting aku ingin memperbaiki dulu dengan SANG PENCIPTA baru kesesama kalau sesama gak bisa terima aku lagie...aku gak akan putus asa karena ada ALLAH..."AMIEN"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wassalamu'alaikum mbak Masita..

      Kalu berbuat salah/dosa/melanggar larangan/meninggalkan perintah Allah, misalnya : Sholat, Puasa, Jangan Zina, Jangan Ghibah, Jangan Makan Harta Haram, Jangan putuskan Silaturahim, Jangan Syirik.. Itukan hubungan kita dengan Allah.. Logikanya kita minta ampunnnya sama Allah, karena Allah yang membuat peraturan itu untuk kita..

      Nah kalu mbak buat dosa/kesalahan sama orang lain, ya minta maapnya sama orang lain yang kita bikin dosa itu mbaak.. Kalu dia ridho, insya Allah, Allah akan ridho juga.. Jadi baiknya segera minta maap sama orang yang mbak sakiti itu segera.. Sebelumnya minta pertolongan sama Allah baca doa: "Robbishorlii shodriii wayashirlii amrii wahlul 'uqdatam-millissaani yafqohu qouli.. aamin.." insya Allah dengan niat tulus orang itu akan mengampuni.. Kalu dia tdk memaafkan mbak, ya gpp.. Allah Yang Maha Pencipta saja mau mengampuni dosa kita walau sebanyak buih di lautan? Ya kalu gitu gantian dia yg dosa.. Hehehe..
      Demikian mbak..

      Wallahu a'lam bish-showwab

      Delete
  43. Assalamualaikum Wr. Wb.,
    Apakah setelah Sholat Toubatan Nasuhaa dapat dilanjutkan dengan Sholat Tahadjud?
    Waalaikumsalam Wr. Wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam wr. wb.

      Seorang ustad kawan saya menganjurkan seperti ini :

      1. Bangun jam 2.00 pagi
      2. Mandi, sikat gigi, wudhu yang benar
      3. Pakai baju yg paling bagus
      Lakukan dengan khusyu (takzim, khidmat, konsentrasi) tapi santai (dibawa senang hati, gembira, yakin Allah mengabulkan doa) :
      4. Sholat sunnah wudhu = 2 rakaat
      5. Sholat taubat = 2 rakaat
      6. Sholat tahajjud = 2 sd. 8 rakaat
      7. Sholat hajaat = 2 rakaat
      8. Sholat istikharah = 2 rakaat
      9. Sholat witir = 3 rakaat
      10. Zikir
      11. Doa
      12. Baca Qur'an sd. waktu shubuh
      13. Shalat shubuh berjamaah di masjid

      Insya Allah baik sekali kalu mau diikuti..

      Wallahu a'lam bish-showwab

      Delete
    2. Mas yg di maksud sholat sunnah wudhu itu seperti apa,..? bagaimana cara melakukannya..?
      Oiya mandi yg di maksud kan ini mandi biasa saja ya..? atau di haruskan mandi wajib (mandi besar)..? mohon bantuannya.. makasih..

      Delete
  44. Assalamu'aikum wr.wb,,
    sblmnya sya minta mf, krna sya tdk bgtu paham,,sya mau brtanya klau sholat tobat
    nasuha it brapa rakaat,,trima kasih sblmnya,,
    wasalamu'alaikum wr.wb,,

    ReplyDelete
  45. Assalamu'alaikum wr.wb,,
    sblmnya sya mnta mf,,
    shalat tobat nasuha it brapa rakaat,,,?
    terima kasih sblmnya,,,
    wassalamu'alaikum wr.wb,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam wr. wb.

      Shalat taubat dikerjakan minimal dua rakaat.. Yg penting justru setelah shalat taubat, yaitu taubatan nasuuha.. tidak melakukan perbuatan dosanya itu lagi dan berusaha memperbaiki ibadah & amal sholehnya.. Kalau sholat taubat tanpa taubatan nasuuha yaa bagaimana yah? Jadi spt tidak bermanfaat shalat taubatnya dan cenderung mempermainkan Allah..

      Demikian menurut saya.

      Wassalamu'alaikum wr wb

      Delete
  46. assalamualaikum,,,wr,,wb,,,erimakasih atas ilmunya pak mudah2an ini bermanfaat buatku dan sahabat muslim lainnya amiiiiin,,,

    ReplyDelete
  47. assalamualaikum,,wr,,wb,,,terimakasih banyak atas ilmunya pak mudah2an ini bermanfaat buatku dan saudara muslim kita yg lain amiiin,,,,

    ReplyDelete
  48. assalamualaikum,,wr,,wb,,,terimakasih atas ilmunya pak mudah2an ini bermanfaat buatku dan buat saudara2 muslim kita yg lain amiin,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam wr wb.. samasama maas..

      Delete
  49. Ass,.. Hatur Nuhun pisan,,


    By:Hamba alloh yg mau bertaubat!

    ReplyDelete
  50. Ass,.. HATUR NUHUN PISAN...


    By;Hamba alloh yg mau bertaubat....

    ReplyDelete
  51. subhanallah..
    barakallah u/ yg nge-bLog & seluruh umat muslim .. ^-^

    ReplyDelete
  52. assalamualaikum ustad, saya mau nanya, bacaan solatnya dibaca keras apa di samarkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam mas, sy bukan ustad.. kalu sholat sunnah bacaannya di sirr/samarkan mas..

      Delete
  53. Ya ALLAH AMPUNILAH DOSA-DOSAKU… Yang pernah Aku kerjakan, yang aku ingat saat mengerjakaannya dan tak kuingat lagi karena telah terlupakan……….
    Ya ALLAH AMPUNILAH DOSA-DOSAKU… Yang pernah Aku kerjakan Yang tahu bahwa yang aku kerjakan itu adalah dosa dan yang karena kebodohanku sehingga aku tak tahu bahwa itu adalah dosa dan telah terlanjur aku lakukan……

    ReplyDelete
  54. Assalamu'alaikum...
    Saat menggakui penyesalan, di rakaat pertama apa kedua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalaaam Wr. Wb.

      Silahkan saat sujud di rakaat mana saja.. Mau saat sujud di semua rakaat juga boleh.. Asal setelah membaca doa sujud yg biasanya : "Subhana Robbiyal a'laa wabihamdih" 3x..

      Delete
  55. ASSALAMUALAIKUM WR.WB, dosa besar seperti zina ketika sudah bersuami isteri apakah wajib hukumnya mengaku kepada pasangannya sementara dia sudah melakukan taubat nazuha, mengakui segala kesalahannya kepada Allah SWT dan bila memang harus mengakui dihadapan pasangannya akan lebih banyak mudhorotnya daripada manfaatnya salah satunya cerai yang padahal Allah SWT sangat tidak menyukai hambaNya bercerai, sementara itu juga banyak pendapat menyatakan termasuk Ustadz Yusuf Mansyur "cukuplah Allah yang menyimpan aibmu karena Allah maha menyimpan aib hambanya asalkan hamba tersebut benar-benar bertaubat dan selalu mengakui perbuatan zinanya kepada Allah dan selalu memohon ampunan atas segala kesalahannya tersebut"...Nah..bagaimanakah tanggapan DOSA BESAR atas masalah ini...mohon berikanlah penerang agar setiap insan yang pernah melakukan dosa zina tersebut tidak dibayangi rasa takut dan apa yang harus dilakukan...berterus terang dengan catatan akan menghadapi mudhorot yang lebih besar daripada manfaatnya, atau bagaimana..TERIMA KASIH ASSALAMUALAIKUM WR.WB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa 'alaikumsalaam Wr. Wb.

      Dosa2 besar yang pernah dilakukan, tidak hanya zinah tapi termasuk juga; syirik, durhaka kepada orangtua, judi, minum-minuman keras, dsb.. Sebaiknya setelah seseorang bertaubat, agar dia dan orang sekitarnya menutup dosa/aib itu rapat-rapat, jangan diumumkan / diberitahukan lagi kpd orang lain.. Apalagi aib yg sudah ditutup sama Allah, ini ayatnya : QS. At Tahrim 66 : 8

      Artinya :
      [66:8] Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".

      => Robbanaa atmimlanaa nuuronaa waghfirlanaa. Innaka 'alaa kulli syai-in qodiir..

      Pengakuan dosa hanya dilakukan saat kita sedang "berdua" dengan Allah. Mohonlah sesering mungkin ampunannya Allah sambil menyebutkan dosa-dosa besar yang pernah dilakukan.. Karena yg menciptakan aturan ini adalah Allah kita, yg melarang kita berbuat zinah, judi, dsb .. Kalau kita melanggar aturannya Allah ya minta ampunannya hanya sama Allah..

      Ini juga buat menjelaskan bahwa Allah kita beda dengan tuhannya non-muslim.. Kalau non-muslim boleh makan babi, minum-minuman keras, zinah, dsb. karena memang tuhan mereka memperbolehkan/tidak melarang untuk itu..

      Jadi tuhannya non-muslim dengan Allah kita, beda banget.. Logikanya, kalau tuhan mereka dengan Allah kita sama, masa peraturannya beda? Kalau sama, masa Allah menerapkan standar ganda : muslim dilarang makan babi tapi non muslim boleh..? Itu bukan sifat tuhan yang maha adil kan?

      Nah, mudah-mudahan sahabat-sahabatku tidak terkecoh dengan ucapan2 yang menyebutkan bahwa tuhannya non muslim sama dengan Allah kita.. Kalau muslim dan non muslim sama-sama menyebut Allah untuk Sang Maha Pencipta, hendaknya disadari bahwa Allah kita dengan Allah mereka adalah dua dzat yang berbeda.. Sama halnya jika kita punya teman yang bernama Budi.. Ternyata kalu kita membuka buku telepon, ada ribuan nama Budi disana..

      Wallaahu a'lam bish-showwab.

      Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.

      Delete
  56. mas, saya pernah berzina dengan seorang yang dulunya saya sayangi, saya tau itu perbuatan sangat dosa, dan saya sangat menyesal, dan tidak ingin mengulanginya lagi, dan saya malu dengan keadaan saya sekarang, dan ternyata orang yang dulu saya sayangi itu pernah berzina dengan orang lain, semenjak saya tau itu, rasa sayang saya jadi hilang. mas, apakah dengan saya bertaubat, dosa saya akan diampuni???

    mas, apakah saya masih bisa mendapatkan perempuan yang baik, sekarang saya malu untuk mendekati perempuan lain, apakah masih ada yang mau perempuan dengan saya?? saya memang laki-laki, walaupun ngga ada bekasnya, tapi saya sangat malu dengan kesalahan yang pernah saya lakukan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. "...mas, apakah dengan saya bertaubat, dosa saya akan diampuni???"

      Ya, menurut sy mas mesti segera bertaubat.. Taubatan nasuuha.. Mudah-2an Allah mengampuni dosa-2 mas Bimo.. Aamiin yaa Allah..

      "mas, apakah saya masih bisa mendapatkan perempuan yang baik, sekarang saya malu untuk mendekati perempuan lain, apakah masih ada yang mau perempuan dengan saya?? saya memang laki-laki, walaupun ngga ada bekasnya, tapi saya sangat malu dengan kesalahan yang pernah saya lakukan....."

      Allah berfirman di QS. An Nuur [24] : 26 sbb : "Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)."

      Jadi kalau mas; ingin dapat wanita baik-baik ya mas mesti memposisikan menjadi laki-laki yg baik.. Ingin mendapat istri yg sholehah, mesti berusaha menjadi laki-laki yg sholeh.. Intinya; mas harus berusaha untuk berubah, berusaha selalau memantaskan diri di hadapan Allah agar Allah menganggap kita pantas untuk mendapatkan apa yang kita inginkan..

      Islam itu agama yg adil mas, berasal dari Allah Yang Maha Adil.. Dan Allah itu Maha Pengampun dan Maha Mengabulkan Doa.. Jadi kalau mau dosa2 kita diampuni Allah serta doa2 kita dikabulkan Allah, berusaha "adil" di hadapan Allah sesuai tuntunan Islam..

      Wallahu a'lam bish-showwab..

      Delete
  57. Assalamualaikum , mas saya mau tanya , mohon maaf sebelumnya.
    apakah saling memegang tubuh dan alat vital lawan jenis itu termasuk "ZINAH" ataukah "MENDEKATI ZINAH" . mohon pencerahan ..


    terima kasih . wassalamualaikum . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam..

      QS. Al Isra [17] : 32 : "Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk."

      Kalau di Al Qur'an Allah sudah berfirman dengan "janganlah", itu artinya Allah melarang.. Allah melarang = Allah mengharamkan.. Haram => Dosa Besar..

      Saya nggak tau apakah itu zina atau mendekati zina.. Yang pasti dua2nya Haram, dan yg melakukannya mesti taubat..

      Sama-sama mas..

      Wallaahu a'lam bish-showwab.

      Delete
    2. astaghfirullah , terima kasih mas atas pencerahannya..
      semoga bermanfaat !
      wassalamu'alaikum..

      Delete
    3. Aamiin ya Allah.. Wa'alaikum salaam..

      Delete
  58. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    maaf saya ingin bertanya

    kalau kita ingin melunasi utang sholat setelah taubatan nasuha...
    di batasi berapa kali nggak per waktu...

    contoh :
    jika kita habis melakukan sholat fardhu isya...sesudahnya melakukan sholat qodho buat bayar sholat yg kita tinggalkan..di batasi atau terbatas...

    sekian dan terima kasih

    wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalaam Wr. Wb.

      Semua Imam sepakat, sholat fardhu yang telah ditinggalkan mesti diqodho (diganti sesuai waktunya), namun mengenai cara menggantinya ada khilafiyah..

      Saya insya Allah berpegang kepada Imam Syafi'i yg kurang-lebih berpendapat : "mengqodho sholat fardhu sesuai waktunya (telah meninggalkan sholat Isya, ya diganti setelah sholat Isya), lalu dikerjakan sesanggupnya (sesuai kemampuan masing-masing) sambil bertaubat dan memohon ampunan Allah..

      Misalnya : kalau qodho sholat Isya, sudah sekali.. Lalu mau kerjakan lagi, silahkan... Masih sanggup kerjakan lagi, ya silahkan.. begitu seterusnya.. Tapi kan Allah sudah menciptakan mekanisme ampunan, ya sebaiknya walau kita sdh meng-qodho sholat fardhu yg dulu pernah ditinggalkan, kita juga melakukan taubat kepada Allah..

      Demikian mas, wallaahu a'lam bish-showwab

      Delete
  59. Assalaamu'alaikum Wr.Wb.
    Terima Kasih ilmunya, mohon ijin copas. Saya mau tanya waktu haram untuk Sholat yang Jam 6.00 - 7.00. Menurut Jadwal RHI (Rukyatul Hilal Indonesia) Di Jember Jawa timur, Matahari Terbit Jam 5.16 masuk waktu Dhuha Jam 5.39 dan saya melaksanakan Sholat Dhuha Jam 6.00 karena jam 7.00 saya sudah beraktifitas. Apakah jadwal dari RHI itu salah? Mohon pencerahan. Terima kasih.
    Wassalaamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  60. Wa'alaikumsalaam Wr. Wb.

    Saya di Jakarta mas, di sini umumnya matahari terbit mulai pk.06.00 WIB.. Saya berprinsip hati-hati dalam beribadah maka untuk waktunya pun saya hati-hati.. Saya menunda satu jam setelah matahari terbit untuk mulai sholat Dhuha di waktu pagi..

    Mohon maaf mas, sy tidak menggunakan jadwal RHI.. Kalau mas menggunakannya, silahkan saja mas.. Salahsatu dasar ibadah adalah niat, maka jika mas yakin dengan jadwal itu, silahkan jadikan patokan.. Selanjutnya mas Ismanto kuatkan niatnya, misalnya untuk sholat Dhuha, dsb...

    Wallaahu a'lam bish-showwab

    ReplyDelete
  61. assalamualaikum wr, wb...;

    dari coment2 di atas yang saya baca, banyak sekali coment yg menyanggah, menjadikan kontroversi, tapi ada juga yg bener2 bertanya..;

    semoga Allah melapangkan hati penulis dan peng-coment untuk selalu bersabar, Manusia secara harfiah adalah makhluk tempat salah dan lupa dan tidak ada yang sempurna, karena kesempurnaan hanya milik ALLAH.

    kalo sekiranya ada yang salah, mohon saling mengingatkan saja....,
    didalam tata aturan tekhnologi informatika tulisan besar (A,B,C,D,...)/ huruf balok itu tidak lah sopan karena dianggap "Berteriak"....'; tapi mohon penulis bisa maklum, mungkin peng-coment butuh kejelasan. dan mungkin saja menulis dengan huruf besar karena ketidaktahuan saja.

    semoga Allah senantiasa memberkahi dan merakhmati kita semua. amin..

    sekian mas, hanya sekedar mampir,

    Wassalamualaikum wr, wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam,

      Iya mas, sy maklum kok banyak yang ngga suka sama blognya penulis-penulis Muslim, apalagi yang bicara mengenai Taubat, dan menganjurkan kembali ke jalan Allah..

      Seringkali yang menyanggah itu dari kalangan Muslim sendiri, saya sendiri nggak mengerti kenapa begitu, tapi semuanya sy kembalikan kpd Allah Ta'ala, hanya Allah yang dapat mengetahui isi hati masing-2 hamba-Nya..

      Terimakasih dah mampir mas,.. Aamiin yaa Robbal'aalamiin atas doanya..

      Wassalamu'alaikum wr wb

      Delete
  62. Assalamualaikum ...

    maaf mas boleh minta nama facebook atau twitter atau apa saja yang bisa saya hubungi ?

    jujur aja blog ini sangat membantu bagisaya.

    wassalammualikum

    ReplyDelete
  63. thinking smart ,,, mas bro,,, kita sama beragama islam,,, jgn ada saling menyalahkan,,,,bilapun salah,,ataupun benar yah dimaklum ,manusiawi,,cukup di ralat saja,,, tidak usah memperpanjang masalah,,,thx

    ReplyDelete
  64. Assalanualaukum...joss..matur suwun...

    ReplyDelete
  65. Assalamu'alaikum wr. wb
    Apakah Allah dapat menerima taubat seorang gay yang penuh dosa dan pernah melakukan zina dan bersungguh-sungguh ingin kembali ke jalanNYA?

    ReplyDelete
  66. Assalamualaikum,
    Saya sangat berterimakasih dan bersyukur dengan adanya blog-blog yang membantu syiar agama. Hanya saja, saya sedikit kecewa dengan beberapa tanggapan dalam blog-blog tersebut, banyak yang kemudian mencaci jika merasa ada perbedaan, tak banyak pula penulisnya yang membalas cacian tersebut dengan cara yang kurang bijak. Saya rasa Islam itu adalah agama yang hanif, agama yang santun dan penuh kelembutan. Bolehlah kita berbeda pendapat, tapi sampaikan dengan cara yang santun. Jika kesalahan atau perbedaan tsb menyangkut ibadah dan kita bermaksud meluruskan nya, maka luruskanlah dengan cara yang santun dan tegas. Terkadang kita sulit membedakan mana yg tegas dan mana kemarahan, marilah kita belajar bersama dengan saling menghargai pendapat. Sesama muslim adalah saudara. Semoga tujuan kita menuntut ilmu diberkahi oleh Allah. Kepada penulis blog, saya ucapkan terimakasih, semoga rahmat & berkah Allah terlimpah bagi penulis dan keluarga, serta bagi pembaca blog ini. Aamiin.
    Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam,

      Makanya mas, saya inginkan juga begitu sebenernya.. Buat semua yg mau kasih tanggapan di blog ini, sebaiknya DOWNLOAD DULU EBOOK 10 DOSA BESAR JILID 1 - 3 yg linknya ada di samping kanan blog ini... Setelah di download, dibaca, dipahami.. Sehingga mengerti apa yg ingin kami sampaikan..

      Belum download, belum baca ebook kami tapi ujug-2 menanggapi, ya begitulah akhirnya...

      Semoga Allah mengabulkan doa mas.. Aamiin ya Allah..

      Wassalam

      Delete
  67. Assalamualaikum wr.wb

    Tad saya baru melakuakn solat tobat, subahanallah jd lega hati ini setelah curhat sama allah T_T... saya menyesali apa yg sudah sy lakukan di masa lalu :'(

    Tapi apakah allah mendengar tobatan hamba nya ini tad sekalipun memiliki dosa yg amat besar ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalaam wr wb.

      Mbak, sebagai orang yg bertaubat, sy anjurkan mbak banyak mengikuti kajian2 agama Islam yg sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW..

      Mengapa mbak ragu? Mbak sudah meminta ampun kepada Allah, Dzat yang telah menciptakan alam semesta ini.. Dzat yg mengatur matahari, bumi, bulan dan planet2 lainnya tidak jatuh ke bawah seperti halnya bola jatuh ke tanah? Jika dibanding matahari yang besarnya ratusan kali dari bumi dan bulan, sosok mbak hanya sebesar sepermilyaran milimikron saja mungkin.. Mengapa mbak masih ragu?? Apakah dosa mbak sebesar dosa Fir'aun? Apakah dosa mbak sebesar kaum Nuh AS sehingga Allah menurunkan azab-Nya?

      Delete
  68. assalamualaikum wr.wb
    Selamat malam buat semua saudara..saya ucapkan trimakasih atas pembagian ilmu yg ckup bermanfaat ini..andaikan ada sedikit perbedaan pendapat sesama muslim.hendaknya jgn dijadikan ajang adu ilmu dan menyombongkan diri..qta smua saudara yg harus saling memahami satu dan lainnya....andai ada kesalahan ingatkan dgn santun...unggahan diawal yg saya baca td ckup membuat saya prihatin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalaam wr wb.

      Nggak apa2 kang, santai aja.. Semuanya menjadi pelajaran buat kita..

      Fii quluubihim marodhun fazaada humullaahu marodho.. Dalam hati mereka ada penyakit.. Setiap kali seseorang berbuat dosa maka Allah memberikan tanda noktah hitam pada hatinya.. Ceprot!! bikin dosa lagi, ceproot!! Hingga akhirnya hati itu tertutup tanda/noktah hitam.. Karena tertutup tanda hitam, hatinya tidak dapat menerima nur Ilahi/petunjuk Allah, tidak dapat menerima kebenaran.. Hal itulah yg menjadi sumber penyakit hati : "iri hati (Bani Israil/Kakak2nya Yusuf AS, sombong (Fir'aun/Abu Lahab), prasangka buruk, dsb.

      Tak perlu kita minta, cepat atau lambat, Allah akan menurunkan azab-Nya kepada orang2 yg demikian.. Saya ditegur oleh Guru saya bahwa kita tidak boleh mendoakan orang itu walaupun memohon hidayah untuknya karena Allah menegur Ibrahim AS ketika beliau memohon hidayah untuk ayah beliau.. Wallaahu a'lam bish-showwab

      Delete
  69. assalamualaikum,,
    terimakasih artikelnya bermanfaat,,
    saya mau memberi komentar tambahan, saya lihat dari koment diatas bapak yang yang dari malang berkata ini meyesatkan,,
    menurut saya bapak ini belum paham maksud hadist yang disampaikan dan mksd jam yang diberikan oleh penulis artikel ini..
    secara garis besar penulis artikel hanya MENGUMPAMAKAN waktu WIB sekitar jam jam trsebut,,
    namun saya paham benar yang ingin diampaikan adalah waktu yang kurang baik untuk shalat adalah saat MATAHARI AKAN TERBIT, MATAHARI AKAN TERBENAM, dan MATAHARI AKAN BERDIRI TEPAT 90 DERAJAT diatas KEPALA KITA, dengan kata lain jam tersebut dapat disesuaikan oleh wilayah masing masing,, jam shalat itu berubah" karna berputarnya matahari dan bumi jadi jam waktu shalat pun berubah" antara maju beberapa menit atau mundur beberapa menit,,
    jangan apapun mengunakan pemahaman yang dangkal,,dan langsung menggunakan kata cacian,
    tidak ada salahnya sang penulis berbagi artikel, namun jika penyampaiannya kurang mudah dipahami, yang mulailah menggunakan akal fikiran yang dikaruniakan ALLAH untuk kita umatnya,,
    pada dasarnya setiap hadist dan arti dari alquran pun dengan kata kata yang sebnanrnya memiliki banyak makna,, yang kita pun harus menggunakan fkiran kita yang dikaruniakan oleh Allah SWT, sprti ayat 1 pada surat AL-BAQARAH.. ALIF LAMIM sepertinya hanyalah 1 ayat yang banyak para penafsir tidak tau maknanya,, Namun banyak pula pakar tafsir menafsirkan huruf-huruf itu karena MEMANG OTAKA ATAU FIKIRAN AKAN SELALU MENCARI RAHASIA ATAU HIKMAH di balik huruf-huruf itu, Meskipun terkadang pandangan mereka berlainan, terkadang disepakati oleh pakar lainnya dan sebagainya. Dan tampaknya tidak salah jika ada beberapa pakar tafsir tradisional yang mencoba mengukapkan makna huruf-huruf itu.Namun sesungguhnya ALLAH tidak mungkin mengeluarkan ayat atau suatu perkara yang tidak memliki makna yang besar dan tujuan yang besar sesungguhnya ALLAH memberitahukan mana yang baik dan buruk secara benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam,

      Terimakasih masukannya..

      Dalam menyuarakan ayat-ayat Allah, perlakuan yg tdk enak selalu ada saja.. Baik dari non muslim maupun dari muslim sendiri...

      Kita mencontoh kepada akhlak Rasulullah yang mulia saja.. Jikalau saat beliau ditimpuki beliau mengangkat tangannya dan berdoa agar segera diturunkan azab Allah.. Tentu tiada akan pernah kita menikmati iman Islam.. Karena ketika Nuh AS, Luth AS, Hud AS dan Nabi2 lain mengangkat tangannya kepada Allah, Allah langsung menghabisi kaum itu hingga tak bersisa..

      Allaahumma sholli wa sallim wa baarik 'alaih.. Aamiin..

      Delete
  70. maha suci dengan segala rahmatnya
    terimakasih infonya blognya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya; Maha Suci Allah dengan Rahmat-Nya ya mas? sama-sama mas.. Terimakasih..

      Delete
  71. Semoga saja niat Taubat kita diterima ... Semoga dosa2 tidak di ulangi lagi.. Semoga kita bisa lebih baik dari sebelumnya ... Amiiin ya Robbal 'alamin

    ReplyDelete
  72. Semoga Allah menerima Taubat kita ... Semoga kita tidak melakukan dosa tersebut kembali... Semoga Allah senantiasa menjaga kita dan memberi cahaya terang untuk hati kita ... Amiin ya Robbal 'alamin

    ReplyDelete
  73. Terimakasih :) blog nya sangat bermanfaat bagi sy pribadi...

    ReplyDelete
  74. Sangat bermanfaat.amiin ya alloh robbal 'aal.amiin

    ReplyDelete
  75. Perbanyak Lach Beristiqfar, Hingga Kalian menjadi tenang dan menjadi Hamba" Allah SWT yang takut akan setiap azab'a,,,,

    Tulisan'a udah bagus ko tinggal bagaimana cara kita memahami dan mempelajari'a dengan seksama,,,

    bila kalian sudah membaca artikel ini, lalu kalian masih menjadi orng bingung dan ragu, cukup kalian tanyakan saja kepada Ustad / para alim ulama yang dapat kita percaya akan akhlak, keimanan dan ketawakalan'a,,,,,

    baru lach kita bisa menyimpulkan bagaimana lach diri ni bisa menjalankan setiap kebaikan" dengan ketentuan" ALlah SWT,,,,

    bila lach kita sudah menyadari tentang perbuatan" dosa" kita maka merenung lach bukan memperdebatkan / mempersoalkan dosa" kita kepada orang lain yang nanti'a kita malah bisa menyimpulkan hal" yang lebih aneh lagie,,,,

    cukup kalian dan Allah SWT saja yang tw tentang perbuatan dosa" kalian, bila kalian menyadari itu semua tanpa harus kalian menjadi seorang hamba yang bingung,,,,, :)

    Maaf iaaa bila saya banyak cakap tentang ketidaktahuan saya,,,,

    mari kita kembalikan lagie semua'a urusan kepada sang Khaliq Allah SWT, Biar lach Allah SWT yang mengurus'a tinggal kita yang memperbaiki diri kita masing" dengan tujuan yang sama yaitu rahmat'a Allah SWT,,,,

    ReplyDelete
  76. Assalamu'alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh.. Terimakasih atas ilmunya mudah-mudahan barokah, terus bersyiar bang.. insya Allah derajatmu mulya dihadapan-NYA, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam warohmatullaahi wabarokaatuh.. Sama-sama Kang Asep, semoga kita semua diterima taubat dan ditinggikan derajat kita oleh Allah Ta'ala.. Hingga maqom "hanya mengharap Ridho dan Rahmat Allah semata".. Aamiin yaa Allah yaa Dzal Jalaali Wal Ikrom..

      Delete
  77. Dear All:Manusia di ciptakan berupa macam ragam..
    saling merangkullah antar sesama umat,jangan pernah membedakan ras,agama ataupun genre,,islam itu agama yang lembut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sarannya mas.. Yaa memang seharusnya begitu.. Saat kita sudah memahami penciptaan Adam AS & Hawa, akhirnya kita akan memahami bahwa Seluruh Manusia yang ada di muka bumi ini sebenernya bersaudara dan harus saling menyayangi.. Dan seluruh manusia beserta alam, planet-planet (yang tidak ada penyangganya namun tidak jatuh2) adalah "Property Milik Allah" dimana jika "siapapun merusak/mengganggu property kepunyaan orang lain, tentu sang pemiliknya akan marah". Begitu pula halnya Allah, Dia akan marah kalau kepunyaan-Nya dirusak/diganggu.. Mari sama-sama kita melihat orang/makhluk lain adalah orang/makhluk/property kepunyaan Allah sehingga kita bisa saling menjaga.. Terimakasih mas masukannya..

      Delete
  78. Assalaamu'alaikum Wr.Wb.

    Terimakasih Mas atas ilmu nya, Smoga bermanfaat, saya mw bertanya sedikit perihal waktu yg diharamkan sholat mas, mohon info nya mas, bagaimana apabila ada seorang muslim yg meninggal dunia di waktu malam/pagi/subuh, sepengetahuan saya alangkah baiknya apabila si mayit segera dikuburkan dan tidak menunda2nya, apabila pelaksanaan sholat jenazah dilakukan pd waktu tersebut (yang diharamkan diatas) apakah sholat tersebut hukumnya menjadi haram??..

    Mohon maaf boleh saya beri saran sedikit dan ini bukan ada maksud menggurui, Postingny bagus sekali mas, sangat bermanfaat bagi semua, terutama buat diri saya sendiri, namun saran saya utk lebih brhati-hati saja baik dlm menulis posting atw berkomentar, terkadang maksud & tujuan saudara sudah baik, namun belum tentu pendapat yang lain, dalam mempelajari ilmu agama alangkah baikny disampaikan dg baik2 tanpa disandingkan dg emosi, agar penyampaian tersebut dapat memberikan manfaat dan pelajaran bagi kita semua, dan jangan sampai dapat menimbulkan perpecahan dikalangan umat muslim.

    saya melihat semangat saudara2ku sesama muslim diatas sangat antusias dalam mendalami ilmu agama, semoga semangat itu pula lah yang dapat membuat saudaraku sekalian lebih termotivasi untuk tidak melalaikan kewajiban kita terhadap ALLAH SWT,

    Smoga kita termasuk muslim/muslimah yg selalu mendapat Rahmat serta Hidayahnya dr ALLAH SWT, Amiin y rabballalamin..

    Wassalam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam mas.. Terimakasih atas sarannya, insya Allah akan sy perbaiki kesalahan-2 saya dengan selalu memohon ampunan Allah Ta'ala.. Thanks dah mampir mas..

      Delete
  79. makasih mas bro, tapi mas jamin gak mas juga diterima taubatnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, siapapun nggak bisa menjamin taubatnya atau taubat orang lain diterima oleh Allah Ta'ala.. Yang penting tetep berusaha dengan sungguh-2 "memposisikan diri" sebagai orang yang ingin taubatnya diterima Allah Ta'ala.. Thanks dah mampir mas..

      Delete